Ilustrasi Covid-19
Likes
Ketika ada masalah, pengusaha akan berusaha untuk memperbaikinya. Tapi itu tidak cukup untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi hari ini. Langkah yang biasa dilakukan reaktif dan hanya bertahan untuk jangka pendek.
Seperti dilansir Bisnis.com, kita memiliki peluang besar untuk berkembang setelah pandemi ini, tetapi itu hanya akan terjadi jika kita menghabiskan hari ini untuk menyelesaikan masalah yang akan muncul esok.
"Lihatlah masa depan, dan ciptakan solusi yang akan beresonansi di bulan-bulan dan tahun-tahun mendatang," kata Jon Taffer, Konsultan dan Penulis terkait Bar dan Kehidupan Malam, dikutip melalui Entrepreneur, Kamis (9/7/2020).
Katakanlah seorang pria bernama Joe memiliki tempat burger favorit. Mereka membuat burger yang enak, dan dia tidak sabar untuk makan di sana lagi.
Tetapi ketika lockdown lokalnya akhirnya diangkat, tempat burger favorit itu tampak berantakan dan tidak terurus. Sementara itu, ada tempat burger terbaik kedua di ujung jalan, dan tempat itu bersih.
"Jadi, di mana Joe akan makan? Aku yakin dia akan memilih burger terbaik kedua," tambah Taffer.
Apa yang bisa kita pelajari dari cerita itu?
1. Pentingnya kepercayaan
Setiap bisnis harus membedakan dirinya sendiri, dan itu selalu terjadi dalam banyak hal - dengan faktor-faktor seperti kualitas, harga, dan kenyamanan.Tetapi ketika Joe memilih tempat burger terbaik kedua, dia menyingkirkan semua kualitas lama itu, dan sebaliknya kepercayaan menjadi hal yang paling penting. Ini sebuah perubahan besar. Sebelum pandemi, kepercayaan nyaris tidak dibicarakan. Kini tidak lagi.
Ini berarti pengusaha dapat menonjol dari pesaing dengan cara baru. Anda dapat memenuhi harapan baru orang-orang dengan berfokus pada berbagai elemen bisnis Anda.
Misalnya, pelanggan Anda mungkin tidak pernah peduli dengan operasi Anda sebelumnya, tetapi sekarang mereka akan peduli. Bagaimana Anda bisa berinovasi? Dan bagaimana Anda bisa menjadi transparan, sehingga orang mempercayai operasi bisnis baru?
2. Pentingnya mengubah pikiran
Saatnya bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan sederhana namun sulit. Mulailah dengan ini: Apakah saya menjual produk yang memecahkan masalah yang unik saat ini? Apakah orang-orang menghargai saya lebih atau kurang hari ini?Pelanggan Anda mengajukan pertanyaan serupa. Mereka bertanya-tanya, Siapa yang mengerti kebutuhan saya sekarang? Siapa yang bisa ada untukku? Dan sejujurnya, mereka mungkin tidak tahu harus berpikir apa tentang Anda. Mereka mungkin menyukai Anda sebelumnya, tetapi semua taruhan dibatalkan sekarang.
Anda ingin pelanggan kembali, dan Anda tidak bisa melakukannya hanya dengan bertanya-tanya. Anda perlu mengubah cara mereka berpikir tentang Anda - dan untuk melakukan itu, pertama-tama Anda perlu memahami bagaimana mereka berpikir, dan kemudian bereaksi.
3. Pentingnya keterbukaan
Di masa lalu, pengusaha menyembunyikan masalah keuangan mereka."Jika pelanggan tahu kami sedang berjuang, kami khawatir mereka tidak akan kembali," ujar Taffer.
Tetapi Covid-19 telah membalik itu, karena kita semua terlibat bersama. Jika Anda bisnis yang berharga, tidak ada yang ingin Anda menghilang. Mereka ingin mendukung Anda.
Ini adalah saatnya bagi Anda untuk bangkit dari kelemahan dan menjadi lebih kuat. Bagikan tantangan yang Anda hadapi, dan kemudian tunjukkan bagaimana tantangan menuntun Anda dengan solusi baru yang hebat.
"Untuk berkembang, kita tidak bisa hanya mengatakan kita sudah berubah. Kita perlu melangkah - dan benar-benar berubah," kata Taffer.
Komentar
09 Jun 2024 - 16:24
Wuih, artikelnya kece banget nih! Jelasin langkah-langkah yang bisa kita ambil biar bisnis tetap ngebul pasca pandemi Covid-19. Dari mulai adaptasi teknologi, sampe kreatifitas marketing, semuanya dijelasin dengan asyik. Jadi, buat yang lagi berjuang biar bisnisnya tetap eksis di tengah-tengah kondisi yang belum pasti ini, artikel ini wajib banget buat dibaca! Semoga dengan langkah-langkah cerdas ini, bisnis kita bisa tetap ngebul dan berkembang pesat!
29 May 2024 - 19:45
Semangat
11 May 2024 - 18:23
Intinya harus tetap semangat