Di Rumah Aja Jadi Jutawan

Selamat Datang Pemula ( Sumber gambar : CANVA)

Selamat Datang Pemula ( Sumber gambar : CANVA)

Like

Pandemi virus corona. Seakan menghentikan dan membatasi aktivitas manusia. Lockdown sana sini.. Darimana sumber pendapatan jika kita hanya dirumah saja? Maka harus cari penghasilan dirumah saja. Tenang saja, kalian gak perlu khawatir karena gak harus punya toko, kios atau warung untuk jualan. Dirumah saja kalian juga bisa jualan kok. Aku bakalan share cara aku jualan online dirumah. Apa aja yang bisa kita lakukan? Yuk kita simak


Niat

Tentunya dalam melakuakn sesuatu harus dimulai dengan Niat. Jika kalian masih bimbang untuk memulai bisnis apapun itu aku saranin lebih baik dipikir  ulang saja. Jangan sampai yang seharusnya kalian ingin untung malah sebaliknya menjadi buntung. Jadi kuatkan niat kalian ya guys sebelum mencoba.


Modal

Sesuaikan jualan kalian dengan budget kalian. Jangan sampai kalian ingin jualan tapi gak bisa karena terkendala dengan modal.


Ide jualan

Bukan Cuma niat dan modal yang kalian persiapkan nih. Tapi ide jualan apa yang akan kalian jual. Bagaimana nanti produk yang akan kalian jual diminati lidah para customer di lingkungan kalian jualan. Tapi inget yaa guys. Jangan jualan apa pun yang membuat kalian kesulitan, entah dari ketersediaannya ataupun cara bikinnya. Jualan itu yang gampang tapi masih bisa diterima pasar. Apalagi jualannya sesuai dengan apa yang sudah kalian bisa contohnya jualan hasil buatan kalian sendiri. Selain dapat untung bias dijadikan hoby deh.


Sosmed

Pastinya kalian harus membuat akun sosmed jualan kalian entah IG,FB dan kawanannya. Karena itu merupakan toko online kalian. Gak Cuma lewat itu saja, kalian bisa menggunakan aplikasi whatsapp bisnis jadi privasi kalian gak bakal terganggu dengan interaksi dengan customer.

Cukup mudah bukan untuk memulainya. Gak ada dagangan yang selalu laku tiap saat. Kalaupun ada itu sih sudah professional dan keberuntungan (menurutku hihihi ;p). gak cuma itu yang harus diperhatikan saat jualan online. Ketika bisnis kita jalan ada beberapa yang harus dilakukan.


Evaluasi

Ini yang wajib banget kalian lakukan apapun usahanya. Pasti pada saat jualan ada penurunan angka penjualan. Disitulah kalian harus mencari kenapa hal tersebut dapat terjadi. Mulai dari produk kalian, sosmed kalian dan interaksi dengan customer. Tapi jangan mengevaluasi penjualan pada saat mengalami penurunan saja. Alangkah lebih baik mengevaluasinya setiap saat dengan tenggang waktu konsisten contohnya satu atau dua minggu sekali.


Perbaiki

Apapun dari hasil evaluasi kalian harus perbaiki. Jika kendalanya pada produk tentunya kalian harus memperbaikinya mengenai rasa, cara penyajian dan penambahan varian pada menu. Jika kendalanya pada sosmed maka harus dilihat kendalanya berupa apa?


Apa karena postingan yang kurang atau gitu-gitu aja? Jadi kalian harus memposting jualan kalian secara konsisten karena jika kalian tidak konsisten customer tidak akan merasa tertarik dengan jualan kalian. Banyak sekali aplikasi editing untuk membantu kalian dalam mengedit foto jualan kalian agar lebih menarik.

Dan jika kendalanya pada costumer maka komunikasi dengan mereka harus terbangun dan dijaga. Karena pelayanan juga akan menjadi penting.