Deretan Film Animasi Karya Anak Indonesia yang Super Keren dan Layak Kamu Tonton

Deretan Film Animasi Karya Anak Indonesia yang Super Keren dan Layak Kamu Tonton Ilustrasi. Image Canva

Like

Be-emers selama ini mungkin kita tahu film-film animasi diproduksi oleh luar negeri seperti Disney dan Pixar. Selain memiliki kualitas yang sangat baik, jalan ceritanya juga sangat beragam dan layak untuk dinikmati oleh semua usia.

Nah gimana kalau film animasi Indonesia? ternyata juga banyak lo saat ini rumah produksi Indonesia yang membuat film animasi dengan kualitas yang tidak kalah dengan produksi luar. Bahkan salah satu dari film animasi buatan anak bangsa juga sudah mendunia dan memenangkan beberapa penghargaan diajang festival film.

Berikut 4 film animasi karya anak bangsa Indonesia:

1. Battle of Surabaya (2015)

Film animasi Battle of Surabaya ini garapan MSV Pictures, kisah dalam film ini menceritakan tentang sejarah 10 November yang menceritakan perjuangan para pahlawan nasional.

Film dari animator Aryanto Yuniawan beserta tim ini berhasil membuat film sejarah melalui menarik tanpa mengurangi semangat perjuangan, rasa cinta tanah air, dan perdamaian.

Film animasi Battle of Surabaya ini juga berhasil meraih penghargaan pada ajang Seoul International Cartoon and Animation Festival (Festival Kartun dan Animasi Internasional) 2016 hingga International Filmmaker Festival of World Cinema (Festival Sinema Dunia) 2018.
 

2. Kiko and Friends (2016)

Film animasi Kiko and Friends ini produksi MNC Animation, tema dalam  film ini menceritakan berbagai hewan laut dengan asi yang penuh komedi. Serial animasi anak-anak ini merupakan diadaptasi dari cerita bergambar dalam majalah Just for Kids.

Kisah ikan mas koki bernama Kiko dan teman-temannya ini berhasil memenangkan penghargaan Best Children's Programme (Program Anak Terbaik) dalam Asian Academy Creative Awards 2019. Hebat, ya!

 

3. Knight Kris (2017)

Film animasi Knight Kris bercerita mengenai karakter bernama Bayu, seorang anak laki-laki yang menemukan keris sakti. Bayu menemukan keris sakti saat ia bermain di candi misterius, bersama sepupunya, Rani, mereka melakukan petualangan yang tidak terduga dan melawan raksasa jahat bernama Asura.

Film animasi bernuansa etnis Jawa ini diikutsertakan dalam dalam kompetisi Internasional Cartoon On Bay di Italia, London Independent Film Award dan Calutta Film Festival.

Dibalik karakter-karakter di film Knight Kris ini ternyata melibatkan artis-artis Indonesia sebagai pengisi suara, seperti Deddy Corbuzier, Chika Jessica, Stella Cornelia, hingga Kaesang Pangerep anak bungsu presiden Jokowi.

4. Candy Monster (2020)

Film animasi Candy Monster bercerita tentang karakter Chloe, anak perempuan berusia enam tahun yang sangat menyukai permen. Suatu hari, Chloe bertemu dengan seorang monster misterius yang terus menerus mengambil permennya. Nah film ini akan menyajikan berbagai cerita dan petualangan Clhloe saat berhadapan dengan monster yang selalu mengganggunya itu.

Film produksi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) ini pernah terlibat dalam Festival Film di Ceko dan tayang di Chaniartoon International Comic and Animation Festival 2020.

Nah itu tadi 4 film-film animasi karya anak Indonesia yang bisa dijadikan referensi untuk nonton di akhir pekan nanti.

Dari empat film di atas ada nggak salah satu yang udah ditonton sama Be-emers?

Yuk, sharing di kolom komentar atau tulis aja pengalaman kamu di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.