Mindset Untuk Jadi Kaya, Ini Kata Robert T Kiyosaki

Biografi Robert T Kiyosaki

Like

Orang kaya atau miskin sebenarnya tidak dilihat dari seberapa banyak uang yang mereka miliki, menurut Robert T Kiyosaki. Menurutnya, semakin banyak uang justru semakin banyak pengeluaran.

Maka, mendefinisikan orang kaya atau miskin, terletak pada mindset yang kamu miliki. Menurut Kiyosaki, mindset adalah segalanya dalam kehidupan.

Siapa kamu, ditentukan oleh mindsetmu. Uang hanyalah satuan dan alat saja.

Oke kalau begitu, mindset seperti apa yang membuat orang kaya? 
 

Pay me first 

Maknanya dari pernyataan ini adalah kemampuan kita untuk mengatur keuangan dan memikirkan kehidupan kita dalam jangka waktu ke depan. Seberapa banyak uang yang bisa kita tabung? Bagaimana cara kita menabung? 

Seringkali ketika mendapat gaji, tidak banyak dari kamu yang pasti langsung membelanjakannya. Bahkan, sebelum dapat gaji kalian sudah punya banyak wishlist. Ini bukan pay me first, ini kamu sama saja memperkaya orang lain.



Belajar mengelola resiko 

Biasanya cetakan orang kaya dan miliarder tidak pernah takut dan memikirkan berapa uangnya hari ini. Ia selalu memikirkan hari depan. 

Mereka yang kaya percaya dengan kualitas diri mereka. Berapa kalipun gagal mereka bisa selalu memulai dari awal dan mencapai kesuksesan lagi. 

Semangat yang tidak mudah patah dan optimisme, inilah rata-rata semangat yang dimiliki oleh mereka yang sukses. Robert T Kiyosaki pun demikian, ia adalah seorang yang miskin. Meskipun miskin, ia tidak mau bekerja untuk uang. Namun, ia bekerja untuk belajar sementara waktu. 

Menurut Robert T Kiyosaki, hidup ini adalah sebuah praktek bukan tentang teori yang kamu pelajari di sekolah. Itu hanyalah penunjang bagimu untuk memiliki pola pikir yang baik. 


Waktu adalah hal yang berharga

Setiap orang selalu merasa ia begitu lelah, padahal tidak melakukan apa-apa. Ini berlaku bagi kamu yang tidak benar-benar memikirkan apa mimpimu. 

Orang kaya selalu memaksimalkan waktunya untuk hal-hal yang berguna baginya di hari depan nanti. Inilah mengapa Robert T Kiyosaki bersama istrinya memilih untuk tidak bekerja lagi dan memilih untuk memulai bisnis mereka. 


Berbagi 

Jangan pernah takut untuk berbagi baik secara materi maupun pengetahuan. Meskipun Robert T Kiyosaki sudah kaya, ia tetap meluangkan waktunya untuk menjadi pembicara di berbagai tempat terkait finansial. 

Ia tidak pernah ragu membagikan ilmu dan pengalamannya ke semua orang. Bahkan, beberapa bukunya menjadi best seller. 
 

Punya Tujuan

Robert T. Kiyosaki dikenal dari segi keahliannya dalam dunia bisnis dan berinvestasi. Kiyosaki mengatakan, milikilah tujuan, sehingga setiap hari kehidupanmu menjadi lebih berharga dan terarah. 

Meskipun pernah menjadi tukang fotokopi, ini tidak menghalangi Kiyosaki untuk memiliki tujuan yang besar dalam hidupnya. 

Selagi memiliki uang, belajarlah untuk membuat uang yang Anda miliki dapat bertambah, tanpa membuatmu lelah. Inilah alasan mengapa berbisnis adalah alasan terbaik. 

Menjadi kaya adalah pilhan, sama seperti bahagia adalah pilihan. Untuk itu lakukanlah hal-hal yang kamu sukai. Jangan takut untuk mencoba. Hari ini bisnis dan rugi, setidaknya kamu belajar dari kerugian yang kamu lakukan! 

Mau seperti Kiyosaki? Atau lebih hebat dari Kiyosaki? Belajarlah berinvestasi mulai sekarang, entah memiliki bisnis sendiri ataupun belajar saham.

Kesempatanmu lebih banyak dibanding Kiyosaki saat ini! Belajar sudah bisa dari mana saja. Yuk, simak ini buku yang mengajarkan kamu gimanan cara kerja saham.