Peradaban Tak Akan Muncul Tiba-Tiba, Semua Butuh Proses

Peradaban itu bagaikan menjalankan sebuah event, butuh proses untuk ada hasil dan tidak mungkin terjadi secara tiba-tiba (dokpri)

Like

Manusia adalah makhluk yang diciptakan dengan tubuh, pikiran, dan jiwa. Manusia dituntut untuk berpikir dengan akalnya agar dapat mengembangkan sesuatu yang berharga bagi dirinya sendiri maupun untuk orang lain.

Manusia harus melakukan sesuatu yang sesuai dengan perannya dan tidak bertentangan dengan norma-norma sosial yang berlaku. 

Manusia dan peradaban memiliki hubungan yang kuat karena keduanya saling membantu untuk menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan kodrat manusia. Sebuah peradaban berkembang/ muncul karena adanya faktor manusia yang menggerakkan peradaban tersebut.

Sebuah peradaban dapat berkembang dan mengambil banyak bentuk seiring dengan perubahan zaman. Kehidupan sosial juga berubah sebagai akibat dari peradaban. Faktor yang mengakibatkan perubahan ini adalah karena pengaruh modernisasi yang terjadi di masyarakat.

Budaya dan peradaban memiliki kaitan yang sangat erat satu sama lain. Pada hakikatnya kebudayaan adalah hasil dari kecerdikan, rasa, dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Akal dan kreativitas manusia dapat menghasilkan pengetahuan.


Baca Juga: Bagaimana Peradaban Berpengaruh pada Kemajuan?

Manusia dapat menciptakan berbagai benda seni dan genre seni berkat alat inderanya. Niat manusia, sebaliknya, menuntut kesempurnaan hidup, kemuliaan, dan kebahagiaan.

Hasil dari peradaban adalah produk atau prestasi yang dibuat oleh suatu peradaban manusia. Hasil dari peradaban ini sangat beragam, ia menyangkut berbagai bidang kehidupan manusia. Hasil-hasil peradaban tersebut mencakupi seni, sains, teknologi, agama, politik, ekonomi, dan lain-lain. 

Pada seni, jenis-jenis seni yang dihasilkan dari peradaban meliputi seni rupa, seni pertunjukan, musik, sastra, arsitektur, dan film. Setiap peradaban memiliki gaya dan bentuk seni yang unik.

Lalu teknologi merupakan tanda dari kemajuan suatu peradaban. Seperti munculnya inovasi di berbagai bidang seperti fisika, kimia, biologi, matematika, dan masih banyak lagi. Contoh hasil peradaban dari bidang teknologi adalah penciptaan mesin, alat komunikasi, transportasi, dan internet. 

Pada bidang agama, jenis-jenis hasil peradaban dalam agama mencakup sistem kepercayaan, ritual, kitab suci, arsitektur tempat ibadah, dan praktik keagamaan. Selain itu, pemikiran dan pandangan hidup dapat juga mempengaruhi agama dan kepercayaan. 

Di bidang politik, sistem politik dan pemerintahan suatu peradaban mencerminkan organisasi sosial dan kekuasaan. Jenis-jenis hasil peradaban dalam politik meliputi pembentukan negara, undang-undang, sistem politik, sistem hukum, dan institusi politik seperti parlemen atau kabinet.

Ekonomi adalah hasil peradaban yang mencakup sistem ekonomi, perdagangan, pertanian, industri, dan keuangan. Ini melibatkan penciptaan mata uang, pasar, dan sistem produksi yang berkembang seiring dengan peradaban manusia.

Lalu, pendidikan adalah hasil peradaban yang penting dalam menambah pengetahuan, nilai-nilai, dan keterampilan dari generasi ke generasi. Jenis-jenis hasil peradaban dalam pendidikan meliputi sistem pendidikan formal, kurikulum, dan lain-lainnya.

Suatu peradaban dimulai ketika orang-orang telah menetap dan membentuk kelompok yang besar. Peradaban awal atau kuno adalah sebutan untuk suatu tingkat kebudayaan yang sudah tinggi dari bangsa-bangsa yang ada di dunia pada masa sebelum Masehi.

Tingginya tingkat kebudayaan dapat diukur dari benda-benda hasil kebudayaan dari masyarakat tersebut. Masyarakatnya telah memiliki kehidupan sosial yang teratur lebih dari yang dimiliki bangsa-bangsa lain dalam kurun waktu yang sama. 

Pada umumnya, pusat-pusat peradaban kuno dunia tumbuh dan berkembang di lembah-lembah tepian sungai. Hal ini dikarenakan sungai merupakan prasarana bagi masyarakat saat itu untuk dapat berhubungan/ berinteraksi dengan masyarakat lainnya.

Selain itu, peran sungai sebagai sumber air sangat vital bagi kehidupan masyarakat disekitarnya. 

Baca Juga: Apa Saja Jejak Peradaban Kuno yang Bisa Kita Lihat Saat Ini?


Lembah-lembah sungai dan tepian pantai ini semakin lama semakin ramai. Lalu tumbuh dan berkembanglah kota-kota kuno untuk yang pertama kalinya. Kota-kota kuno tersebut banyak tersimpan informasi dan catatan penting tentang kemajuan masyarakatnya.

Peradaban memiliki ciri-ciri, yakni memiliki tata kota dan fasilitas yang menunjang kehidupan masyarakatnya. 

Contohnya, disediakannya tempat khusus untuk kegiatan perdagangan. Selanjutnya diterapkannya hukum dan aturan-aturan demi menjaga ketertiban di dalam kota, beragamnya jenis pekerjaan dan kompleksnya strata sosial serta berkemban pesatnya ilmu pengetahuan. 

Pada kuartal 4 di semester 2 ini, saya diberi kesempatan untuk mempelajari mengenai peradaban kuno bersama guru sejarah minat saya. Dari semua materi yang telah diajarkan dan telah dipelajari, materi inilah yang paling sulit dan paling banyak yang dibahas dibanding yang lain.

Bahkan materi ini sendiri telah menghabiskan setengah buku sejarah minat. Dalam materi ini, saya diajarkan mengenai peradaban kuno dari berbagai sisi, seperti sistem pemerintahan, kepercayaan, seni budaya, teknologi, dan masih banyak lagi.

Melalui pembelajaran materi ini, saya tentunya jadi mengetahui banyak hal menarik dari peradaban kuno. Hal menarik yang saya temukan adalah adanya Codex Hammurabi.


Saya jadi mengetahui bahwa dasar hukum dari berbagai hukum didasari oleh Codex Hammurabi yang kemudian dikembangkan untuk dicocokan untuk setiap wilayah. 

Keterkaitan peradaban kuno dan peradaban masa kini pada aspek lingkungan adalah pada masa lalu lingkungan sekitarnya masih hijau dan memiliki cuaca dan iklimnya merata.

Sedangkan untuk masa sekarang, walau lingkungan hijaunya semakin berkurang, namun pemanfaatannya sudah semakin berkembang pesat. 

Keterkaitan peradaban kuno dan peradaban masa kini pada aspek hukum adalah peraturan-peraturan yang ada sampai saat ini didasari oleh Codex Hammurabi. 

Pada aspek kepercayaan, pada masa peradaban kuno, mayoritas kepercayaan dianut melalui kepercayaan sikap ataupun kepercayaan spiritual. Sedangkan untuk masa sekarang kepercayaan telah berkembang dan dapat dianut menurut agamanya sendiri. 

Pada aspek pemerintahan, pada masa peradaban kuno sistem pemerintahannya berjalan dengan proses masa ke masa. Sedangkan untuk sekarang sistem pemerintahannya sudah berkembang di setiap negara yang terdiri dari republik, monarki, federal, dan lain-lain. 

Terakhir, keterkaitan peradaban kuno dan peradaban masa kini pada aspek sosial adalah pada sama peradaban kuno, sikap sosial juga masih berkembang dalam nilai-nilai, moral, sikap dan lain-lain.

Sedangkan untuk masa sekarang, sikap sosial, moral, nilai-nilai sudah lebih berkembang dan bisa menentukan antara benar dan salah. 

Kesimpulan yang dapat diambil dari penjelasan diatas adalah manusia dan peradaban memiliki hubungan yang kuat karena keduanya saling membantu satu dengan yang lain. Budaya dan peradaban memiliki kaitan yang sangat erat satu sama lain.

Lalu, kebudayaan lahir dari kecerdikan, rasa, dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Yang kemudian hasil dari peradaban tersebut adalah produk atau prestasi yang dibuat oleh suatu peradaban manusia.
 
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.