Bagaimana Peradaban Berpengaruh pada Kemajuan?

Pada masa kini nilai sosial dari peradaban kuno masih ditemukan contohnya nilai kerja sama yang diterapkan pada saat kegiatan osis.

Pada masa kini nilai sosial dari peradaban kuno masih ditemukan contohnya nilai kerja sama yang diterapkan pada saat kegiatan osis.

Like

Tanpa memori, tidak ada budaya. Tanpa ingatan, tidak akan ada peradaban, tidak ada masyarakat, tidak ada masa depan - Elie Wiesel


Wah apa maksud dari kutipan tersebut ya? Sebelum itu mari kita ketahui lebih dalam mengenai peradaban. 

Peradaban sendiri berasal dari bahasan Latin yaitu civitas yang berarti kota. Suatu peradaban terbentuk ketika orang-orang telah menetap dan membentuk suatu kelompok yang besar.

Pada umumnya peradaban kuno tumbuh dan berkembang di lembah-lembah tepian sungai karena sungai merupakan prasarana bagi masyarakat pada saat itu terutama sebagai sumber mata air. Lalu lembah-lembah sungai dan tepian pantai bertumbuh dan berkembang menjadi kota-kota kuno untuk pertama kalinya. 

Peradaban sendiri merujuk pada tingkat perkembangan sosial, budaya, dan teknologi suatu masyarakat. Hakikat peradaban melibatkan banyak aspek yang kompleks dan beragam.

Seperti misalnya peradaban melibatkan pembentukan organisasi sosial yang kompleks, seperti sistem pemerintahan, hukum, dan lain-lain. Organisasi sosial ini membantu dalam pengaturan dan pengendalian masyarakat.


Peradaban juga melibatkan perkembangan budaya yang meliputi bahasa, agama, seni, musik, dan tradisi. Budaya membentuk identitas suatu peradaban dan menghubungkan orang-orang di dalamnya. Kemajuan teknologi juga berkaitan dengan peradaban.  

Perkembangan teknologi membantu dalam meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kemampuan manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Teknologi juga berperan dalam mempengaruhi cara kita berinteraksi dan berkomunikasi. 

Masih banyak sekali hakikat dari peradaban. Hakikat peradaban sangat kompleks dan beragam di seluruh dunia. Setiap peradaban memiliki ciri khasnya sendiri, mulai dari bagaimana cara terbentuk, pengaruh budaya, lingkungan geografis, dan interaksi antara masyarakatnya.

Baca Juga: Apa Saja Jejak Peradaban Kuno yang Bisa Kita Lihat Saat Ini?

Peradaban awal dunia merujuk pada periode sejarah ketika manusia pertama kali mengembangkan sosial, budaya, dan teknologi yang lebih rumit.

Peradaban awal ini muncul di beberapa wilayah di dunia pada periode yang berbeda-beda, tergantung pada faktor geografis, keberadaan sumber daya alam, dan interaksi antara kelompok manusia.


Peradaban Awal


Terdapat beberapa peradaban awal yang penting dalam sejarah dunia, yang pertama ada peradaban Mesopotamia yang berkembang di lembah sungai Tigris dan Efrat di wilayah yang sekarang merupakan bagian dari Irak, Iran, dan Suriah modern. 

Sejarah Mesopotamia diawali dengan tumbuhnya peradaban yang diyakini sebagai pusat peradaban tertua di dunia oleh bangsa Sumeria. Peradaban ini terdiri dari beberapa kerajaan kuno lainnya seperti Asyur, dan Babilonia. 

Mesopotamia merupakan tempat lahirnya sistem tulisan paku kuno (cuneiform), penemuan pertanian, sistem irigasi, dan sistem hukum yang tertulis. Mesopotamia merupakan peradaban yang pertama kali menetap secara permanen. 

Masih terdapat cukup banyak peradaban yang belum dijelaskan lebih dalam seperti peradaban Yunani Kuno, peradaban Romawi Kuno, peradaban India Kuno, peradaban Amerika Kuno, dan sebagainya. 

Di dalam peradaban manusia telah menghasilkan berbagai jenis hasil peradaban yang mengikuti perkembangan peradaban dan sejarah.

Seperti misalnya dalam pertanian, hasil peradaban ini membuat manusia mampu belajar untuk mengolah tanah, menanam tanaman, dan beternak hewan untuk memenuhi kebutuhan pangan. 

Kemudian penemuan sistem penulisan dan tulisan yang sangat berguna bagi peradaban manusia. Hal ini mendorong manusia untuk menyimpan pengetahuan, sejarah, dan gagasan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Hasil penulisan dan tulisan tersebut berkaitan dengan seni dan kesenian seperti misalnya penulisan yang dituangkan ke dalam bentuk sastra. Mereka juga menghasilkan lukisan, patung, musik, tari, dan berbagai bentuk ekspresi kreatif lainnya yang mencerminkan keindahan, imajinasi, dan ekspresi manusia. 

Hasil peradaban ini juga membentuk pola pikir manusia yang semakin berkembang terutama pada kepercayaan agama dan sistem filosofi yang membentuk pandangan baru terhadap dunia, kehidupan, dan moralitas. Agama dan filosofi juga membangun budaya dan nilai-nilai peradaban bagi masyarakat. 

Baca Juga: Peradaban dan Peran Manusia di Dalamnya

Pada kegiatan pembelajaran, saya mempelajari mengenai peradaban kuno. Insight yang saya dapatkan adalah saya semakin mengetahui lebih dalam mengenai peradaban. Sebelumnya saya belum memahami apa yang dimaksud dari peradaban.

Saya menjadi tahu terdapat banyak sekali peradaban awal, seperti peradaban Yunani Kuno, peradaban Romawi Kuno, peradaban India Kuno, peradaban Amerika Kuno, dan masih banyak lagi.   

Pastinya dalam kegiatan pembelajaran ini banyak hal yang dapat dipelajari. Saya belajar bahwa sebuah peradaban dari satu dengan yang lainnya akan saling bergantung.

Masyarakat pada masa kuno mampu mengelola peradaban-peradaban sebelumnya dengan peradaban-peradaban selanjutnya dengan sangat baik. Mereka mampu memperbaiki untuk memajukan peradaban, yang berarti mereka memperbaiki kegagalan yang ada menjadi keberhasilan di peradaban selanjutnya. 

Dalam mempelajari topik ini banyak sekali hal yang sangat berkesan, mulai dari sejarah yang belum saya ketahui. Saya menjadi takjub akan sejarah yang ada. Terdapat banyak sekali rintangan serta hambatan yang dihadapi pada tiap peradaban, namun mereka mampu menyelesaikannya. 

Seperti yang sudah disebutkan tadi, peradaban kuno akan sangat berkaitan dengan peradaban masa kini. Seperti misalnya pada aspek lingkungan.

Peradaban kuno membentuk pengetahuan baru mengenai pertanian, pengairan dan bagaimana cara pemeliharaan sumber daya alam yang pastinya berkaitan dengan lingkungan. Dengan adanya pengetahuan dari peradaban masa kuno dapat  membantu peradaban masa kini dalam mengelola lingkungan. 

Lalu pada aspek hukum, peradaban kuno menciptakan hukum-hukum dasar yang juga dijadikan sebagai hukum dasar bagi peradaban masa kini. Seperti misalnya hukum Romawi Kuno yang dijadikan sebagai landasan bagi hukum sipil.

Terdapat juga prinsip-prinsip hukum yang masih diterapkan pada peradaban masa kuno dengan peradaban masa kini, seperti misalnya prinsip disiplin dan keadilan dalam mengatur negara. 

Selanjutnya pada aspek kepercayaan, peradaban kuno membangun dan membentuk kepercayaan spiritual yang terus berkembang dari satu peradaban ke peradaban selanjutnya.

Masih banyak tradisi agama yang diterapkan pada masa peradaban kuno hingga sekarang, contohnya seperti upacara membakar mayat dan sebagainya, yang membentuk pola piker masyarakat. 

Sementara pada aspek pemerintahan, peradaban kuno mempengaruhi struktur dan sistem dari pemerintahan sendiri. Walaupun di masa kini, perkembangan pemerintahan terus berubah-ubah, namun peradaban masa kini masih menggunakan sistem peradaban kuno.

Seperti dalam pemilihan umum yang juga dilakukan dengan mementingkan kepentingan rakyatnya. 

Kemudian pada aspek sosial atau aspek yang terakhir, nilai sosial dari peradaban kuno masih ditemukan pada peradaban masa kini. Seperti misalnya nilai untuk saling berkerjasama. Dalam setiap peradaban nilai kerja sama tidak akan pernah luput.

Pastinya dalam membangun sebuah peradaban dibutuhkan kerja sama yang kuat untuk saling membantu. Begitu juga dengan masa kini yang masih menerapkan nilai kerja sama yang sangat kuat. 

Dapat disimpulkan bahwa peradaban kuno sangat berkaitan dengan peradaban masa kini. Namun dengan keterkaitan yang ada dapat membantu kehidupan untuk semakin maju, yang berarti kita dapat mengambil nilai-nilai dari perabadan yang ada, contohnya nilai keadilan yang dapat kita terapkan di dalam berbangsa dan bernegara.

Tidak hanya itu saja, dengan mempelajari mengenai peradaban, kita dapat mengetahui lebih dalam mengenai sejarah. Hal tersebut dapat membantu kita dalam memperluas wawasan, dan menambah ilmu pengetahuan.

Kita dapat mengambil contoh untuk senantiasa berusaha dengan keras dalam memperjuangkan sesuatu, dengan begitu kehidupan masa kini dapat semakin maju.

Saya bersyukur dengan mempelajari topik ini di dalam pembelajaran sejarah, saya dapat semakin memahami mengenai sejarah yang ada. Saya merasa takjub akan kuasa Tuhan serta semua hal yang Tuhan buat dan rancangkan. 

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.