Inspirasi Bisnis Menu Homemade yang Viral di Youtube & Tiktok

Dalgona Illustration - Pinterest

Like

Siapa yang kalau di waktu luang langsung menjelma jadi “kaum rebahan” sambil nonton YouTube atau TikTok? Dua platform media sosial tersebut, enggak jarang, membawa inspirasi dan melatih kreativitas kita nih, Be-emers.

Apalagi, sejak adanya pandemi Covid-19 dan himbauan #DiRumahAja, bikin kita punya waktu luang untuk mencoba hal yang baru. Enggak cuma itu, dari studi Nielsen: Asian Consumers Are Rethinking How They Eat Post Covid-19, konsumen di Asia sudah menginsyaratkan adanya perubahan kebiasaan untuk lebih sering makan di rumah.

Nah makanya, video tutorial kreasi masakan pun mulai banyak bermunculan nih di YouTube maupun TikTok. Eits, bukan cuma buat hiburan dan tutorial masak di rumah, menu homemade yang viral di media sosial tersebut bisa juga jadi inspirasi bisnis kamu lho.
 

Dalgona Coffee

Berawal dari drama Korea dan viral di TikTok dan YouTube, kamu pernah ikut bikin dalgona coffee juga enggak nih di rumah?

Dibuat dari campuran kopi dan gula pasir yang diaduk menjadi cream foam, dalgona sebenarnya adalah sebuah permen khas Korea. Biasa dijajakan di pasar atau swalayan, permen dalgona ini kemudian dikreasikan menjadi sebuah minuman kekinian yang hits banget.

Untuk membuat dalgona coffee, kamu cukup mencampurkan susu UHT atau fresh milk dengan cream foam yang terbuat dari kopi tanpa ampas dan gula pasir. Bahannya yang enggak mahal, ditambah pembuatannya yang mudah, membuat dalgona bisa jadi inspirasi bisnis kamu nih.


Sejumlah kedai kopi atau café juga sudah banyak yang menyediakan menu dalgona coffee ini. Bahkan, di sejumlah daerah seperti di Bekasi dan Tangerang, ada yang menjual dalgona coffee ini keliling menggunakan gerobak saja lho!

Selain itu, kamu juga bisa mengkreasikan ulang dalgona ini dengan menu lain seperti es boba, donat, dan sebagainya. Wah, seru banget!

 

Dalgona keliling yang viral di Twitter - Sumber: Twitter About Tangerang @AboutTNG