Begini Kesuksesan Bisnis Azkanio Setelah Meninggalkan Dunia Sulap

sumber: bisnis.com

Like

Bagi kamu yang senang mengikuti dunia pesulap, pasti tidak asing dengan nama Azkaniocanz. Sebagai salah satu jebolan dari ajang pencarian bakat The Master, pria yang akrab dipanggil Azkanio Panda ini mulai banyak dikenal publik sebagai salah satu pesulap profesional.

Kesuksesannya menjadi pesulap ternyata tidak membuat lelaki kelahiran 15 November 1990 di Semarang ini betah dengan dunia tersebut. Kini, Panda bahkan telah beralih dunia menjadi pengusaha rokok elektrik alias vape.  

Kesuksesannya dalam bisnis rokok elektrik tidak main-main. Berawal dari bisnis secara online, Panda sukses membuat tokonya sendiri bernama Panda Vapestore.

Berkat ketertarikannya dalam memberikan pengetahuan mengenai rokok elektrik kepada masyarakat luas, Panda juga dikenal sebagai content creator YouTube Indonesia. Kesuksesannya menjadi content creator membuat dirinya menerima penghargaan Silver Play Button dari Youtube pada tahun 2019.

Dibalik kesuksesan bisnisnya ini, Panda menceritakan kisahnya dalam menentukan jalannya melalui wawancaranya dengan Bisnis.com pada Selasa (21/07/2020).
 

Selalu mencoba tantangan baru.

Ketika berusia 17 tahun, Panda memutuskan untuk merantau ke Ibu Kota Jakarta. Awalnya Panda sama sekali tidak memiliki pengetahuan mengenai sulap. Ia bahkan besar dalam keluarga yang merupakan seniman di bidang musik.


Ketertarikannya terhadap dunia sulap berawal dari kekagumannya terhadap Deddy Corbuzer. Melalui buku Book of Magic, ia belajar banyak tentang seni sulap selama setahun. Pada tahun 2008, ia memutuskan untuk menantang dirinya mengikuti ajang pencarian bakat The Master di salah satu TV Swasta Nasional.

Setelah mengikuti ajang tersebut, Panda masih aktif dalam dunia sulap. Ia sempat bergabung dengan Darko Enterprise dan juga sempat membantu beberapa pertunjukan pesulap papan atas lainnya, seperti Rhomedal Aquino dan Limdab. Hingga akhirnya pada tahun 2014, Panda memutuskan untuk berhenti menjadi pesulap dan kembali menantang dirinya dalam dunia bisnis.
 

Belajar bisnis online lewat internet.

Panda memutuskan untuk memulai bisnis setelah dirinya banyak belajar berbisnis dari YouTube. Dari sana lah ia banyak mempelajari ilmu berjualan, salah satunya berjualan lewat toko online yang memang sedang pupuler.

Rokok elektrik menjadi pilihan Panda sebagai produk yang ia jual. Peluang ini ia ambil dengan melihat masih belum populernya rokok elektrik di kalangan masyarakat.

Selain menjual secara online lewat e-commerce, Panda juga membuka kanal YouTube untuk memberikan edukasi kepada banyak orang perihal produk rokok eletrik yang ia jual.
 

Sukses menjadi Youtuber berkat bisnisnya.

Melihat Youtube yang sedang berkembang pesat, Panda memanfaatkannya untuk menyebar luaskan produknya agar bisa dikenal oleh masyarakat umum.

Dalam kanal Panda Vapestore, Panda aktif membuat video tutorial, unboxing, review, hingga tips dari dunia rokok elektrik. Berkat promosi lewat YouTube, produknya jadi laku keras dan juga mendapat penghargaan dari YouTube.

Kini, Panda tidak lagi dikenal sebagai pesulap. Berkat keinginannya terus berani mencoba hal baru dan semangat mempelajarinya, Panda telah banyak dikenal sebagai salah satu pendukung bisnis rokok elektrik dan juga content creator Indonesia.