Bisnis Kamu Sepi? Yuk, Simak Tips-tips Berikut Ini!

Business Growth (Sumber gambar: Chandler Woods)

Business Growth (Sumber gambar: Chandler Woods)

Like

Halo, semuanya! Semoga kalian semua sehat di manapun kalian berada. Jangan lupa selalu menjaga kesehatan dan mengikuti protokol kesehatan ya.

Tentunya, kita semua tahu kenapa hidup menjadi seribet ini. Yup, karena virus Covid-19 yang sudah menyebar ke seluruh dunia sejak akhir tahun 2019 kemarin dan masih berlanjut sampai hari ini.

Dampaknya enggak main-main. Jutaan penduduk dunia terjangkit virus, lockdown diberlakukan di berbagai negara, perputaran ekonomi melambat, dan banyak orang yang kehilangan pekerjaannya.

Meski demikian, banyak pula yang masih memiliki harapan untuk memulihkan ekonominya dengan membuka bisnis sendiri. Apa kamu salah satunya?

Kalo iya, semoga bisnisnya lancar ya. Buat yang mengalami kendala, mari simak tips-tips di bawah ini agar bisnis kamu semakin diminati. Let’s Go!

1. Pahami kebutuhan konsumen

Oke, pastinya semua pebisnis harus mengerti terlebih dahulu calon target yang akan menjadi konsumennya. Apakah mereka anak-anak, remaja, atau orang dewasa?

Kita bisa mengidentifikasikan karakteristik mereka, sehingga bisa lebih mudah untuk mengetahui bagaimana cara mereka memutuskan untuk membeli sebuah produk. Misal, target konsumen adalah ibu rumah tangga yang hobi memasak, kita bisa menawarkan produk untuk mendukung kegiatan ibu tersebut.

 

2. Ceritakan mengenai produkmu

Tahukah kamu jika manusia lebih tertarik dengan cerita? Dengan bercerita, kita dapat mempengaruhi emosi dan merangsang otak untuk lebih tertarik pada produk yang dijual.



Jangan hanya menyebutkan manfaat, komposisi, dan fakta produk begitu saja, tapi bentuklah narasi agar informasi yang ingin disampaikan bisa lebih mudah dimengerti. Biarkan konsumen merasa bahwa mereka membutuhkan produk kita. Tapi, tetap harus jujur ya, guys.
 

3. Tingkatkan Pelayanan

Siapa sih yang gak suka pelayanan yang baik? Coba yuk evaluasi lagi, apa kamu sudah memberikan pelayanan yang baik kepada konsumenmu.

Misalnya, chat dibalas dengan cepat dan ramah, minta maaf jika kamu rasa itu salah. Kemudian berikan ganti jika barang yang kamu kirim tidak dalam keadaan baik, dan menjaga kualitas produk.

Ingat, konsumen bukan sapi perah, tapi mereka juga manusia yang punya perasaan dan ingin dihormati. Berikan pelayanan yang baik ya.

 

4. Pasarkan melalui Media Sosial

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, hampir semua orang menggunakan media sosial untuk berkomunikasi. Sarana ini yang kita gunakan untuk mengkomunikasikan produk kita kepada masyarakat.

Di Indonesia, media sosial paling populer adalah YouTube, kemudian diikuti oleh WhatsApp, Facebook dan Instagram. Oh, ada lagi media sosial yang lagi naik daun yaitu TikTok.

Nah… apakah kalian sudah menggunakan semua media tersebut? Kalau belum, ini adalah saatnya bagi kalian untuk memasarkan produk melalui media sosial.

Kalian bisa membuat konten di YouTube tentang bagaimana proses pembuatan sampai pengemasan produk kalian, atau home tour di rumah yang akan dijual. Buat penampilan visual produk lebih menarik dengan menyewa fotografer atau foto sendiri dengan menggunakan referensi.

Tentunya kalian juga bisa menawarkan produk dengan cara chat langsung ke pelanggan. Mungkin akan lebih menarik jika mengadakan giveaway atau promo-promo lainnya.

Itulah sedikit tips yang bisa kamu praktikkan langsung. Semoga bisnisnya semakin lancar tanpa halangan ya. Jika hari ini gagal, masih ada hari esok. Tetap semangat dan jangan menyerah.

 

Saat gagal, kamu hanya perlu memulai lagi dengan cara yang lebih cerdas.  

-Henry Ford