Kepoin 5 Cara Mengurangi Stres ala Orang Jepang yang Bisa Ditiru!

Cara mengurangi stres ala orang Jepang yang bisa ditiru (Sumber gambar: Canva)

Like

Menjalani rutinitas sehari-hari terlebih jika kita mengemban tanggung jawab yang cukup tinggi sangat memungkinkan kita akan mudah mengalami stres. Melansir dari laman halodoc.com, stres merupakan suatu bentuk tekanan fisik dan psikologis yang muncul ketika kita menghadapi atau dihadapkan dalam kondisi yang terasa bahaya atau mengancam.

Jika stres dibiarkan terus-terusan, maka bisa berdampak terhadap kesehatan dan akan mengganggu rutinitas harian lho. Nah untuk mengatasinya, kita bisa mencontoh kebiasaan-kebiasaan orang Jepang dalam mengatasi stres dengan cara yang cukup unik lho, berikut penjelasannya. 
 

Meditasi zen jadi kebiasaan orang Jepang dalam mengatasi kondisi stres mereka/Canva


1. Meditasi Zen 

Cara pertama orang Jepang ketika menghadapi kondisi stres yakni dengan meditasi. Jika kamu pernah mendengar istilah mindfulness, nah itu merupakan manfaat meditasi zen yang berasal dari Mahayana Buddhism yang memiliki tujuan untuk mendapatkan pencerahan dari intuisi melalui meditasi. 

Meditasi zen biasanya dilakukan untuk memunculkan ketenangan dari dalam diri, membantu menentukan prioritas di dalam pikiran, meningkatkan kualitas hidup, mengurangi rasa bersalah dan tentunya untuk mengatasi rasa stres yang timbul dari aktivitas keseharian.

Baca Juga: Kelola Stres dengan Gratitude Journal, Yuk Cobain!


Di Jepang, banyak masyarakat yang melakukan meditasi ini dengan mengunjungi kuil-kuil yang disebut zazen. Jika kamu mau mencontoh metode ini, jangan lupa untuk memilih lokasi yang tenang karena kunci dari meditasi ini adalah 'tidak berpikir apa-apa' dan dengan lokasi yang tenang bisa membuat meditasi kamu terfokus dengan baik. 
 

Good Music for Good Mood/Canva

 

2. Mendengarkan Musik 

Kalimat 'musik adalah obat' itu benar adanya karena dengan mendengarkan musik bisa membuat kita merasa rileks dan menenangkan pikiran. Orang Jepang banyak yang mendengarkan musik untuk mengatasi stres mereka.

Pilihlah jenis musik yang kamu sukai, atur volume yang bisa diterima telinga kamu dengan nyaman ya. Kamu juga bisa melakukan kegiatan ini sambil bersantai yang tentunya bisa membuat suasana hati kamu semakin senang dan tenang. 
 

Manfaat teh hijau yang bisa meredakan stres jika dikonsumsi rutin/Canva


3. Mengonsumsi Teh Hijau 

Tips berikutnya yakni orang Jepang gemar mengonsumsi teh hijau untuk meredakan stres. Teh hijau diketahui mampu menghilangkan stres jika diminum secara rutin karena memiliki kandungan tanin (theanine) yang dipercaya bisa memberikan efek tenang untuk orang yang mengalami anxiety atau kecemasan.

Teh hijau juga mampu meningkatkan suasana hati (mood). Cobalah mulai rutin mengonsumsi teh hijau di pagi dan malam hari seperti orang Jepang, dan kamu pasti akan mendapatkan manfaat baiknya. 
 

Golden Week di Jepang banyak dimanfaatkan penduduk sana untuk berlibur/Canva