Kelola Stres dengan Gratitude Journal, Yuk Cobain!

Seseorang yang sedang meneulis di buku (Sumber: Generated by AI)

Seseorang yang sedang meneulis di buku (Sumber: Generated by AI)

Like

Pastinya teman-teman pernah mengalami stres. Dalam kehidupan modern yang penuh dengan tekanan, menemukan cara efektif untuk mengelola stres sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik kita.

Salah satu cara yang terbukti membantu mengurangi stres adalah dengan journalingJournaling adalah kegiatan menulis tentang pikiran, perasaan, dan pengalaman kita sehari-hari.

Ada banyak jenis journaling seperti daily journaling, achievement journaling, idea journaling, gratitude journaling, dan masih banyak lagi.

Melalui journaling, kita bisa merefleksikan diri, memproses emosi, dan menemukan kedamaian batin. Salah satu jenis journaling yang sangat bermanfaat adalah gratitude journal atau jurnal rasa syukur.

Saya sendiri telah melakukannya selama beberapa waktu, dan manfaatnya luar biasa. Berawal dari rasa penasaran dengan salah satu aplikasi bernama 'Gratitude,' saya mulai menuliskan hal-hal yang saya syukuri setiap hari.


Baca Juga: Tren Nge-Jurnal untuk Redakan Gejala Depresi, Mau Coba?

Tulisan-tulisan ini tidak hanya membantu saya merasa lebih lega, tetapi juga memberikan perspektif positif dalam menjalani hari.

Penelitian yang dilakukan oleh Martin Seligman, Tracy A. Steen, Nansook Park, dan Christopher Peterson (2005) dengan judul penelitian "Positive Psychology Progress: Empirical Validation of Interventions" menemukan bahwa menulis tiga hal baik setiap malam dan alasannya, termasuk rasa syukur, secara signifikan meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi gejala depresi selama enam bulan.