Pentingnya Trademark untuk UMKM, Jangan Sampai Menyesal!

Trademark untuk UMKM sangatlah penting, terutama untuk perlindungan hukum produk freepik-trademark-laptop-screen

Like

Keengganan pelaku UMKM untuk memiliki trademark tentunya bakal jadi masalah.  Mereka pikir ribet ngurusnya dan belum memahami apa manfaat bagi kepentingan bisnisnya.

Namun, ketika tiba-tiba ada bisnis yang sama dan logo yang mirip sekali dengan milik Anda,  barulah Anda sadar ada yang meniru dan mungkin ingin memalsukan bisnis yang sudah Anda lakoni bertahun-tahun. Sayangnya, Anda belum mendaftarkan trademark Anda.
 

1. Pengertian dan Peran Trademark

Trademark, atau merek dagang, adalah simbol, nama, logo, atau desain yang digunakan untuk membedakan produk atau jasa suatu perusahaan dari produk atau jasa perusahaan lain.

Peran utama trademark adalah untuk memberikan identitas yang unik pada produk atau jasa, membantu konsumen mengenali dan membedakan barang atau jasa yang mereka beli.

Baca Juga: Twitter Ancam Gugat Meta Terkait Threads, Benarkah Curi Rahasia Dagang?
 

2. Siapa Saja yang Butuh Trademark?

Setiap bisnis, tidak peduli ukurannya besar, kecil, atau menengah memerlukan trademark. Namun, untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), memiliki trademark sangat penting.


Ini karena trademark membantu UMKM membangun identitas di pasar yang kompetitif dan menciptakan kepercayaan dengan pelanggan.