Pengin Bisnismu Aman, Udah Daftar Trademark Belum?

Pentingnya pemahaman tentang trademark untuk bisnis (sumber gambar: istock.com)

Like

Menurut Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis, merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna.

Selain itu, merek juga mencakup bentuk 2 (dua) dimensi dan/atau 3 (tiga) dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 (dua) atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa.

Sedangkan Merek Dagang adalah Merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan barang sejenis lainnya.

Berdasarkan Undang Undang tersebut dapat dimengerti bahwa pentingnya Merek Dagang (trademark) sebagai identitas produk yang dihasilkan dari suatu bisnis.

Selain itu Trademark ini sangat dibutuhkan untuk memberikan perlindungan hukum untuk bisnismu, bisa mencegah pihak lain yang tidak bertanggung jawab untuk meniru bisnismu sehingga menghindari dari persaingan tidak sehat dan tidak jujur. 


Baca Juga: Pentingnya Trademark untuk Bisnis, Ini Cara Mendaftarnya!
 

Pentingnya Trademark

Pernahkah pembaca mendengar pepatah tentang “apalah arti sebuah nama?”, menurut penulis sangat penting. Jangan abai terhadap trademark jika bisnismu semakin berkembang dan meningkat.

Trademark ini untuk membedakan bisnismu dengan bisnis orang lain yang serupa. Memiliki trademark untuk bisnismu membuat masyarakat yang cocok dan suka dengan produk dari bisnismu lebih mudah dikenali dan diingat oleh banyak orang.