#BuyOrBye: Alfamart (AMRT) yang Bakal Rights Issue, Bagi Dividen, Ekspansi, Hingga Bersinergi dengan Bank Aladin

Alfamart Illustration - Image: Alfamart

Alfamart Illustration - Image: Alfamart

Like
Siapa nih yang suka jajan atau belanja di Alfamart? Di tahun 2021 ini, pengelola Alfamart yakni PT Sumber Alfaria trijaya Tbk. lagi agresif banget nih melakukan aksi korporasi, hingga dikabarkan bakal bersinergi dengan Bank Aladin lho!

Perusahaan dengan kode saham AMRT tersebut menilai, dilansir dari Bisnis, pendapatan di bulan Ramadhan dan momen perayaan lebaran tahun 2021 mulai pulih ke level sebelum adanya pandemi.

Hal itu terjadi seiring dengan adanya efek low base. Bahkan, diketahui, penjualan AMRT telah naik sekitar 15-20 persen, dibanding kondisi normal sebelum pandemi lho!

Bila diingat, saat PSBB, AMRT hanya bisa meraih penjualan 6-7 persen di momen Ramadhan dan lebaran.

Berdasarkan data dari laporan keuangannya hingga 31 Desember 2020, pendapatan AMRT yakni sebesar Rp75,82 triliun, naik 3,95 persen dari tahun sebelumnya. Sementara itu, laba AMRT yakni tercatat sebesar RP1,06 triliun.

 

Ekspansi AMRT dan Isu dengan Bank Aladin

Seiring dengan kinerja yang mulai cerah, AMRT rupanya juga sudah menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) senilai hingga Rp3 triliun lho! Rencananya nih, AMRT bakal menambah gerai Alfamart baru sekitar 650-850 gerai dari sebagian capex tersebut.

Diketahui, hingga Desember 2020, Alfamart sudah punya lebih dari 17.500 gerai. 52 persen dari total gerai Alfamart berasal dari wilayah Jabodetabek.

Selain ekspansi gerai, AMRT juga berencana untuk melakukan ekspansi digital nih, Be-emers. Soalnya, AMRT juga baru banget dapat restu untuk melakukan rights issue.

Walau belum diketahui nilai emisi atau rincian dananya, pihak manajemen AMRT menyebutkan kalau dana dari rights issue tersebut bakal digunakan buat investasi ke perusahaan teknologi lho.

Meski begitu, pihak AMRT meyakinkan kalau ekspansi ke ranah digital enggak bakal mengubah haluan bisnisnya di sektor ritel. Hal itu justru dilakukan hanya untuk memperkuat bisnisnya, bukan untuk diversifikasi usaha.

Seiring dengan adanya rencana ekspansi ke ranah digital, beredar kabar kalau AMRT bakal berinvestasi ke Bank Aladin nih, Be-emers.

Ternyata, hal itu enggak dibantah lho sama pihak AMRT. Dikutip Bisnis, pihak AMRT mengatakan kalau bakal bersinergi dengan Bank Aladin.

Namun, sinergi tersebut masih sebatas kerjasama seperti halnya dengan perusahaan lain. Hingga saat ini, pihak AMRT masih mengaku dalam proses penjajakan dan melihat peluang, perusahaan mana yang kira-kira strategis untuk bekerjasama dengan pihak AMRT.

 
Total Aset 31 Desember 2020 PER Harga Saham 10 Mei 2021
Rp25,97 triliun 35.79x Rp915 [-2,14%]
Sumber: RTI Business
Pertanyaan 1 dari 1

Wah, kalau AMRT bakal kerjasama dengan Bank Aladin (BANK), kira-kira bakal cuan enggak yaaa? Sejauh ini, dilihat dari kinerjanya, kamu bakal BUY atau BYE saham AMRT?

Card image cap