Berbisnis Bareng Pasangan, Bisa Profesional Enggak Ya?

Ilustrasi

Ilustrasi

Like

Be-emers, pernah dengar istilah couplepreneur? Itu lho suatu bisnis atau usaha yang dijalani sama pasangan.

Segala hal bisa kita share bareng pasangan, dari mulai cerita lucu, keluh kesah, enggak terkecuali berbisnis bareng. Sudah mengenal satu sama lain, berbisnis dengan pasangan terkesan lebih mudah sekaligus juga rentan risiko karena sering dianggap kurang profesional.

Nah dilansir dari Bisnis.com, menurut Pengamat Bisnis Yuswohady, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kalau Be-emers mau mencari peluang cuan bareng pasangan.
 

Pembagian Peran

Namanya juga kerja tim, tentunya harus tetap bisa bagi-bagi peran dong. Peran yang dimaksud bukan pembagian job desk saja, tapi juga keduanya harus bisa menempatkan diri sebagai partner saat berbisnis dengan saat menjadi pasangan di kehidupan sehari-hari. 

Jadi, kalau Be-emers lagi ada masalah sama pasangan, jangan disangkut pautkan sama urusan bisnis ya. Gitu juga sebaliknya. Kalau ada masalah selama menjalani usaha, jangan gampang baper ya! Semuanya harus bisa diselesaikan secara profesional.

Keseimbangan dalam mengambil peran dan tugas selama berbisnis bareng pasangan emang perlu banget dijaga. Melengkapi satu sama lain memang jadi kuncinya. Kalau Be-emers sama-sama mau “unjuk gigi” dan egois, konflik pun rentan terjadi. Pastinya ini bakal ganggu kelancaran bisnis kalian deh.


Salah satu pegiat couplepreneur yang sukses dalam menjalani bisnisnya adalah pasangan Steven dan Anita. Pemilik Zeribowl ini berhasil membuktikan kalau couplepreneur bisa dijalani dengan sangat menyenangkan. Menjalani bisnis dessert, keduanya bisa lho melewati tantangan bisnis bersama.
 

Tim Manajemen

Sudah jadi hal yang lumrah kalau menjalani bisnis itu juga butuh bantuan orang lain. Selain rentan secara emosional, couplepreneur juga dikenal rentan dalam hal manajemen keuangan.

Makanya, enggak ada salahnya kok buat merekrut atau meminta bantuan orang lain buat gabung sebagai tim manajemen. Menurut Yuswohady, hal itu justru akan mempermudah pasangan dalam mengelola perusahaan atau usaha yang dijalani menjadi lebih baik.