Ini 3 Hal Penting untuk Bisnis Party Planner

Bisnis Muda
Like

Pesta atau perayaan pastinya sudah jadi kebiasaan banyak orang untuk mengabadikan momen. Dari mulai pesta ulang tahun, pernikahan, sampai hari jadi atau anniversary, semuanya pasti ingin dirayakan dengan suka cita.

Namun semuanya itu juga enggak bisa lepas dari persiapan yang matang dong. Dari mulai konsep, lokasi, pernak-pernik, waktu yang tepat, dan budget. Nah, masalahnya kadang enggak semua orang sempat buat menyiapkan pestanya itu.

Makanya, selain event atau wedding organizer buat jasa pengelola pesta, ada lagi nih namanya Party Planner. Lebih simple dan kondisional, bisnis ini ternyata bisa dicoba buat Be-emers yang punya kreativitas dalam hal dekorasi dan out of the box.

Bergerak di bidang jasa, cuan yang bisa didapat lumayan banget lho. Pertanyaannya, susah enggak sih mengelola bisnis Party Planner? Nah, ini tiga hal penting buat menjalani bisnis Party Planner.

Kreativitas dan Inovasi
Kayak yang sudah disebut sebelumnya, kreativitas adalah kunci utama buat menjalankan bisnis ini. Dengan kreativitas yang kita punya, serunya kita bisa menawarkan berbagai konsep unik ke pelanggan. Hal ini bisa jadi nilai poin juga buat kepercayaan pelanggan kepada bisnis Party Planner kita nih, Be-emers.


Seperti halnya yang dilakukan salah satu Party Planner bernama Finger Snaps Party Planner. Berawal dari merencanakan dan menata sendiri pesta ulang tahun anaknya, salah satu owner Finger Snaps Anessa Natalia kemudian memanfaatkan kreativitasnya untuk membuka peluang cuan lewat Party Planner.

Dilansir dari Bisnis.com, usaha yang didirikan sejak 2012 ini tadinya hanya fokus di perayaan ulang tahun. Kini, Finger Snaps sudah makin berinovasi dengan menangani macam-macam acara perayaan, seperti pertunangan, baby shower, bridal shower, hingga acara perusahaan.

Ketelitian dan Kesabaran Tinggi
Selain dituntut buat selalu kreatif, hal yang perlu diperhatikan berikutnya adalah ketelitian dan kesabaran. Dilansir dari Bisnis.com, Chelsea, salah satu pemilik jasa Party Planner, mengakui kalau menata dekorasi pesta itu cukup sulit. Hal itu disebabkan karena ada banyak properti yang harus ditata secara tepat agar terlihat indah dan menarik.

Melalui bendera Papiers, ia berpendapat bahwa ketelitian dan kesabaran adalah tantangan utama dalam menjalankan bisnis ini. Bukan tanpa sebab nih Be-emers, hal itu dikarenakan Party Planner harus bisa menggalo semua keinginan konsumen atau pelanggannya.

Bisa Pakai Modal Minim
Modal memang enggak kalah pentingnya ketika kita ingin mendirikan usaha. Enggak heran, kadang orang sampai rela pinjam uang sana-sini buat dapetin modal usaha.

Namun, hal itu ternyata enggak berlaku buat dua sahabat ini: Anggita dan Aliannisya yang tergabung dalam sebuah bisnis bernama Kleuro Party. Keduanya bener-bener enggak mengeluarkan modal banyak lho, Be-emers. Kok bisa?

“Kami menggunakan uang klien,” ungkapnya, dikutip dari Bisnis.com.

Jadi bisa dibilang, Party Planner yang mereka jalani ini baru akan bisa memulai tugasnya untuk mendekorasi dan menyiapkan kebutuhan pesta setelah adanya kesepakatan konsep dan budget. Makanya, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan semuanya sesuai dengan keinginan dan anggaran dari si pelanggan.

Wah, keren banget idenya. Buat Be-emers yang juga minim modal, bisa juga nih terapkan ide bisnis ala Kleuro. Asalkan, jangan lupa dengan kesepakatan yang sudah dibuat dengan klien ya.