Hal Ini Bisa Jadi Peluang Usaha Buat Si Penyuka Tanaman

Bisnis Muda
Like

Udara yang sejuk, asri nan hijau tentunya jadi lingkungan idaman banyak orang. Sayangnya, semakin banyaknya hutan yang digunduli dan berkurangnya ruang hijau, bikin bumi ini makin panas.

Salah satu kegiatan yang mungkin bisa menyelamatkan bumi ini adalah berkebun atau bercocok tanam. Selain bisa jadi objek hobi, ternyata dari tanaman, kita bisa juga meraih cuan dengan berbagai peluang usaha lho, Be-emers.

Tanaman Hias, Tanaman Sehat
Ada salah satu ornamen yang bisa jadi bagian dari dekorasi rumah: tanaman hias. Menambah estetika ruangan, tanaman hias berpeluang juga buat jadi bisnis yang asyik.

Tanaman hias banyak banget jenisnya, Be-emers. Misalnya tanaman hias bunga seperti anggrek, kamboja, dan kenangan. Ada juga tanaman hias daun seperti kuping gajah, Aglaonema, sampai saka asparagus. Buah pun juga bisa jadi tanaman hias, kayak cabai pelangi, dan lemon.

Selain itu, ada juga lho tanaman hias dari tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan. Sansevieria atau yang lebih dikenal dengan bunga Lidah Mertua adalah salah satunya. Mampu mendeteksi racun, Shelly kemudian memanfaatkan ini buat mendirikan usaha tanaman hias.


Walaupun sempat banyak yang enggak terlalu tertarik, keuletan Shelly memoles tanaman ini dengan kreativitasnya ternyata malah bikin usahanya lambat laun dilirik banyak pembeli. “Produk kami kemas dengan seni, setiap produk yang kami hasilkan edisinya terbatas,” ungkapnya, dikutip dari Bisnis.com.

Pertumbuhan tanaman Lidah Mertua yang cenderung lambat, bikin Shelly harus beli dari pihak lain untuk mengejar produksi. Namun, jangan pesimis, Shelly tetap menghias sendiri tanaman hias jualannya itu dengan membuat pot yang unik. Sebagai wadah tanaman, pot itu dibikin dengan variasi bentuk yang beda dengan bahan kaca, kayu, dan rotan.

Tempat Budidaya yang Instagramable
Kalau jalan-jalan, pasti salah satu hal pertama yang harus dilakukan apalagi kalau update di media sosial. Apalagi kalau pemandangan atau suasananya instagramable alias kece banget, pasti harus cepat-cepat diabadikan dong.

Nah, salah satu yang jadi bagian dari materi instagramable itu adalah tempat wisata bernuansa asri atau dekat dengan alam. Buat Be-emers yang suka dengan nuansa ekowisata kayak gitu, coba deh kepoin Green House Lezatta di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Bagus dan kece banget, ekowisata ini didirikan oleh seorang wanita yang hobi bercocok tanam bernama Eliana. Wanita asal Bukittinggi itu memanfaatkan hobinya itu jadi ladang bisnis.

Dilansir dari Bisnis.com, berdiri di atas lahan seluas 2.600 meter persegi, ia memang merogoh kocek yang enggak sedikit alias Rp2,6 Miliar. Namun, kreativitasnya mampu menghadirkan suasana baru kayak rumah pembibitan dan budidaya tanaman, instalasi cantik, sampai penyewaan baju noni Belanda. Hal-hal itulah yang akhirnya sukses membawa kira-kira 600 orang hampir setiap harinya.