Bahaya Penyakit Monkeypox, Kenali 5 Cara Pencegahannya!

Bahaya Penyakit Monkeypox, Kenali 5 Cara Pencegahannya! (Sumber Gambar: Canva)

Bahaya Penyakit Monkeypox, Kenali 5 Cara Pencegahannya! (Sumber Gambar: Canva)

Like

Berita tren tentang penyakit monkeypox makin banyak di Indonesia. Salah satu informasinya langsung dari Kementrian kesehatan (Kemenkes) Indonesia, yang mengatakan bahwa hampir 88 kasus penyakit sudah tersebar di beberapa wilayah.

Selain itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga beri status peringatan Public Health Emergency of International Concern kepada masyarakat untuk wabah penyakit Mpox. 

Penyakit ini bisa menular lewat kontak langsung dengan ruam di kulit yang bernanah. Enggak cuma, itu monkeypox juga bisa menular lewat hubungan seksual, lho!

Nah, buat menghindari penyakit menular ini perlu dilakukan beberapa langkah tepat supaya Be-emers bisa terhindari dari penyakit monkeypox
 

Cara Pencegahan Virus Monkeypox

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghindari wabah penyakit monkeypox.

Baca Juga: Waspadai Penularan Mpox dan Cara Menghindarinya



 

1. Stop Kontak Langsung dengan Hewan Liar

Monkeypox bisa menular dari hewan-hewan liar, misalnya monyet, tupai, bahkan tikus sekalipun. Selain itu, kamu juga harus menghindari beberapa hewan yang keliatannya sakit atau mati.

Mulai batasi dirimu dengan hewan-hewan tersebut untuk meminimalisir penularan cacar monyet yang bisa datang dari mana saja. 
 

2. Jaga Kebersihan Tangan

Mulai ubah pola hidupmu dengan selalu mencuci tangan dengan benar, karena tangan jadi satu-satunya media yang sering digunakan untuk menyentuh sesuatu.

Tangan bisa jadi salah satu penyebab virus masuk ke dalam tubuh. Pentingnya mencuci tangan dengan air dan sabun selama beberapa detik, untuk meminimalisir penyebaran virus.