Pengin Ikut Program Manajemen Trainee? Cek Persiapannya!

Program MT di sebuah perusahaan. Sumber gambar: Adobe Express

Program MT di sebuah perusahaan. Sumber gambar: Adobe Express

Like
Management Trainee atau MT adalah program seleksi kerja berbasis manajerial yang memungkinkan pelamarnya untuk mencapai posisi dan tingkatan karir yang lebih cepat. 
 
Kebanyakan program MT menyasar para lulusan baru, karena mereka lebih mudah dipersiapkan dan dibentuk untuk menjadi calon pemimpin di masa depan.

Meski demikian, terkadang calon yang sudah bekerja di bawah dua tahun pun masih diterima.

 

Keuntungan mengikuti MT 

Ada banyak keuntungan mengikuti MT, antara lain:
  • Mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman yang berharga,
  • Menendapatkan eksposur ke berbagai pihak manajemen karena adanya rotasi pekerjaan menyebabkan seseorang yang mengikuti MT bisa langsung berinteraksi dengan supervisor atau manajer,
  • Perjalanan dan promosi karir lebih cepat, dan gaji jauh lebih besar daripada karyawan biasa.
 

Tantangan MT 

Meskipun memiliki banyak manfaat mengikuti program MT, program ini juga memiliki sejumlah tantangan yang harus diselesaikan.
 
Tantangan tersebut antara lain: tugas yang diberikan jauh lebih besar, kemampuan belajar harus jauh lebih cepat, kalau bukan MT yang baik tidak bisa dengan mudah mengejar karir, gaji pun tergantung lagi pada perusahaan yang dipilih, tidak bisa memilih atau harus siap ditempatkan dimana saja, memiliki ikatan dinas dan pinalti jika mengundurkan diri.
 

Keuntungan program MT bagi perusahaan 

Ada beberapa alasan sebuah perusahaan membuka program MT meskipun memakan usaha dan biaya yang besar. Alasan tersebut antara lain: 
  1. Mereka cari pemimpin masa depan yang membuat perusahaan lebih baik dan cemerlang 
  2. Karena karyawan lama biasanya sudah berada di zona nyaman.
  3. Mencari pemimpin yang sesuai dengan budaya perusahaan tersebut. Pemimpin-pemimpin yang direkrut dari perusahaan lain, biasanya membawa budaya dari perusahaan sebelumnya. 
  4. Program mt yang berhasil dan bagus akan berdampak peningkatan pengenalan brand perusahaan tersebut di mata masyarakat.
 

Cara Memilih Program MT yang Baik

MT yang baik antara lain memiliki ciri-ciri sebagai berikut: bekal dan mentor yang cukup, kurikulum yang memadai, full of project yang artinya peserta biasanya diberi banyak proyek untuk mengembangkan diri dakam waktu singkat, dan jenjang karir jelas.