Laporan Keuangan UMKM, Gimana sih Urgensinya?

Like

Mudah Membuat Laporan Keuangan

Untuk membuat laporan keuangan, bisa dilakukan dengan menggunakan Excel, software akuntansi (seperti Myob, Accurate, dan yang lain), dan aplikasi (seperti Akuntansiku, Labamu, Accounting bookkeeping, Money + Cute Expense Tracker, dan yang lain). 
 

Laporan Standar untuk UMKM

Laporan keuangan yang dibutuhkan secara umum ada empat yaitu, laba rugi, neraca, arus kas masuk dan keluar, dan laporan kepemilikan saham.

Baca Juga: Laporan Keuangan dan Press Realese Keuangan Sama Penting, Lantas Apa Bedanya?
 

Catatan Penting lain Pengelolaan Keuangan UMKM

  1. Disiplin pencatatan keuangan. Menjadi penting untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran.
  2. Pisahkan uang pribadi dan uang usaha. Akurasi pencatatan usaha mempengaruhi pengambilan keputusan dan evaluasi kerja.
  3. Pondasi bisnis dan kuat dan terlindungi. Sisihkan sebagian laba untuk dana darurat dan untuk perlindungan bisnis, misalnya dengan mengikuti asuransi. 
  4. Tetapkan target dan evaluasi bisnis. Evaluasi bisnis juga berguna untuk mengetahui strategi bisnis yang dijalankan sudah tepat atau belum. 













----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung