Untung Rugi Cari Jodoh Lewat Dating Apps, Yuk Pahami Cara Kerjanya!

Mencari jodoh juga bisa dilakukan lewat ujung jari. Namun kamu perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya (Sumber: Freepik)

Mencari jodoh juga bisa dilakukan lewat ujung jari. Namun kamu perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya (Sumber: Freepik)

Like

Siapa nih di antara Be-emers yang sedang mencari pasangan? Apakah Be-emers pernah menggunakan (dating apps) aplikasi kencan daring untuk menemukan jodoh yang diidamkan? 

Aplikasi kencan daring adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu orang menemukan pasangan melalui internet. Aplikasi kencan daring ini mirip-mirip dengan aplikasi sosial media lain dengan kesamaan yang ditujukan oleh penggunanya: mencari dan menemukan jodoh!
 
Memangnya apa sih yang bisa dilakukan oleh aplikasi kencan daring? Apakah aplikasi ini bisa membantu mencarikan pasangan sehidup semati?
 

Cara Kerja Aplikasi Kencan Daring

Aplikasi kencan daring atau dating apps ini menggunakan algoritma pencocokan untuk membantu kamu menemukan kenalan.

Algoritma ini bisa berdasarkan lokasi, hobi, nilai-nilai, dan banyak lagi. Sebelum mulai menjelajah pencarian, biasanya aplikasi akan meminta pengguna untuk melakukan pendaftaran dan pengisian profil.

Pengguna harus mendaftar dengan memasukkan informasi dasar seperti nama, usia, lokasi, dan preferensi kencan. Mereka juga dapat mengunggah foto dan menulis deskripsi.

Setelah itu, pengguna bisa menjelajah profil pengguna lain dalam aplikasi. Aplikasi menggunakan algoritma untuk mencocokkan pengguna berdasarkan preferensi dan kesamaan minat.


Pengguna dapat melihat profil orang lain yang telah dicocokkan oleh algoritma. Mereka bisa memberikan like atau swipe pada profil yang menarik.

Jika dua pengguna saling tertarik, mereka bisa mulai berkomunikasi melalui pesan teks, panggilan suara, atau video call yang disediakan oleh aplikasi.

Aplikasi kencan daring juga dilengkapi fitur keamanan seperti verifikasi profil dan opsi untuk melaporkan atau memblokir pengguna yang mencurigakan.

Baca Juga: Cara Aman Cari Jodoh Lewat Dating Apps! Cukup Lewat 4 Langkah Sederhana



Kelebihan Menggunakan Aplikasi Kencan Daring (Dating Apps)

Melalui berbagai fitur yang ditawarkan masing-masing developer, berikut ini kelebihan mencari pasangan menggunakan aplikasi kencan daring:

1. Akses ke Banyak Pilihan

Pengguna dapat bertemu dengan pengguna lain yang menggunakan aplikasi serupa. Mereka akan melihat banyak orang dari berbagai latar belakang yang mungkin tidak mereka temui dalam kehidupan sehari-hari.


2. Kemudahan dan Kenyamanan

Aplikasi kencan daring memungkinkan pengguna untuk mencari pasangan kapan saja dan di mana saja hanya dengan menggunakan ponsel mereka.

Algoritma canggih akan membantu mencocokkan pengguna dengan orang yang memiliki minat dan nilai yang sama. Hal ini dapat meningkatkan peluang menemukan pasangan yang cocok.


3. Fitur Keamanan 

Banyak aplikasi kencan memiliki fitur keamanan yang membantu melindungi pengguna dari penipuan dan perilaku tidak pantas. Fitur itu berupa verifikasi data dan opsi report jika terjadi hal-hak yang tidak diinginkan.