Organik vs Paid Marketing: Mana yang Lebih Menguntungkan untuk Bisnis?


Kapan Harus Menggunakan Masing-masing?

Gunakan organik marketing ketika:
  1. Kamu ingin membangun merek yang kuat dan terpercaya.
  2. Kamu ingin meningkatkan SEO website kamu.
  3. Kamu ingin membangun komunitas di media sosial.
Gunakan paid marketing ketika:
  1. Kamu ingin meningkatkan penjualan dalam waktu singkat.
  2. Kamu ingin menargetkan audiens yang sangat spesifik.
  3. Kamu ingin mengukur ROI (Return on Investment) kampanye kamu dengan lebih akurat.

Baca Juga: Organik vs Paid Marketing: Strategi Mana yang Lebih Efektif?


Tips Menggabungkan Keduanya

Sebenarnya, kamu tidak perlu memilih salah satu saja. Kombinasi antara organik marketing dan paid marketing bisa memberikan hasil yang optimal. 

Misalnya, kamu bisa menggunakan konten organik untuk menarik pengunjung ke website. Lalu, menggunakan paid marketing untuk mengarahkan mereka ke halaman produk yang spesifik.

Pilihan antara organik marketing dan paid marketing tergantung pada tujuan bisnis, anggaran, dan sumber daya yang kamu miliki. Idealnya, kedua strategi ini saling melengkapi. 

Jadi, dengan menggabungkan keduanya secara efektif, kamu bisa mencapai hasil pemasaran yang lebih baik.













----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung