Memilih yang Paling CUAN: Organic Marketing vs Paid Marketing?

Like

Kekurangan Paid Marketing

Biaya yang konsisten, paid marketing membutuhkan investasi yang berkelanjutan. Setelah anggaran habis, iklan akan berhenti dan arus lalu lintas dapat menurun drastis.

Serta kompetisi yang ketat, pada bidang paid marketing, terutama platform populer seperti Google dan Facebook, di mana biaya per klik dapat meningkat dengan cepat.
 

Apa itu Organic Marketing?

Organic marketing berfokus pada upaya jangka panjang untuk membangun visabilitas dan pengikut melalui konten berkualitas dan aktivitas di media sosial tanpa harus membayar untuk iklan langsung.

Tujuannya adalah membangun kehadiran yang kuat dan autentik terus memberikan hasil secara alami seiring waktu.
 

Keuntungan Organic Marketing

Biaya lebih rendah artinya tidak ada biaya langsung yang terkait traffic yang dihasilkan, terutama jika memanfaatkan SEO atau membangun audiens organik di media sosial.

Keberlanjutan jangka panjang, ketika bisnis memiliki konten organik yang kuat dan peringkat SEO yang baik, maka dapat memperoleh traffic terus menerus tanpa ada biaya tambahan.
 

Kekurangan Organic Marketing

Membutuhkan waktu, hasil dari organic marketing tidak instan sehingga perlu beberapa bulan untuk mengetahui dampaknya.


Serta sulit diukur dalam waktu singkat. Selain itu SEO dan algoritma media sosial sering berubah sehingga mempengaruhi kinerja.


Baca Juga: Antara Organic Marketing vs Paid Marketing, Mana yang Lebih CUAN?
 

Paid VS Organic: Mana yang Menguntungkan?

Jangka Pendek vs Jangka Panjang

Jika tujuan dengan hasil instan maka paid marketing menjadi pilihan. Kampanye iklan berbayar dapat memungkinkan untuk menargetkan audiens secara langsung dan mendapatkan traffic segera.

Namun, ketika kesuksesan dalam jangka panjang, Organic marketing lebih menguntungkan karena memberikan traffic berkelanjutan dan membangun kehadiran yang solid.


Anggaran dan Sumber Daya

Ketika memiliki anggaran pemasaran yang cukup dan ingin mendapatkan hasil cepat, Paid Marketing mungkin lebih tepat. Namun,jika anggaran terbatas dan bersedia meluangkan waktu untuk membangun kehadiran organik secara bertahap, maka organic marketing lebih efisien dalam jangka panjang.
 

Skabilitas

Paid marketing lebih mudah diskalakan, sehingga dapat meningkatkan anggaran iklan untuk menjangkau lebih banyak orang dalam waktu singkat.

Sebaliknya, organic marketing lebih sulit untuk diskalakan dengan cepat, karena harus terus-menerus menghasilkan konten berkualitas tinggi dan meningkatkan peringkat SEO.

Sebenarnya tidak ada jawaban mutlak tentang mana yang lebih menguntungkan, Paid Marketing atau Organic Marketing. Keduanya memiliki peran penting dalam strategi pemasaran yang sukses.

Pemilihan antara Paid dan Organic Marketing sangat bergantung pada tujuan bisnis, anggaran dan jangka waktu.

Strategi yang ideal sering kali melibatkan kombinasi keduanya, sehingga dapat memanfaatkan kekuatan dari Paid dan Organic Marketing untuk pertumbuhan bisnis yang optimal.











----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung