Gumuk Pasir Parangkusumo: Tempat Latihan Snowboarding di Daerah Tropis

Sensasi snowboarding ala tropis di Yogyakarta. (Sumber gambar: wikimedia Commons)

Sensasi snowboarding ala tropis di Yogyakarta. (Sumber gambar: wikimedia Commons)

Like

Halo, Be-emers! Siapa bilang snowboarding hanya bisa dilakukan di pegunungan bersalju? Di Indonesia, tepatnya di Yogyakarta, ada tempat unik yang bisa jadi alternatif latihan snowboarding, yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo.

Meski kita berada di negara tropis, gumuk pasir ini menawarkan sensasi yang hampir mirip dengan snowboarding di salju.


Fenomena Alam yang Unik di Indonesia

Gumuk Pasir Parangkusumo terletak di kawasan pesisir Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Gumuk pasir ini terbentuk karena proses alami pengendapan pasir yang terjadi akibat angin laut yang kuat.

Fenomena gumuk pasir sendiri sangat jarang ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia. Dengan luas area yang mencapai puluhan hektar, gumuk pasir ini menyuguhkan pemandangan bak gurun pasir di Timur Tengah.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Destinasi Aquarium Date Bareng Pasanganmu, Yuk Cobain!


Sandboarding: Snowboarding Ala Tropis

Di Gumuk Pasir Parangkusumo, snowboarding "versi tropis" dikenal dengan istilah sandboarding. Alih-alih meluncur di atas salju, kamu akan meluncur di atas hamparan pasir yang halus.


Olahraga ini mirip dengan snowboarding, hanya saja tanpa salju dan memanfaatkan papan khusus untuk meluncur di atas permukaan pasir.

Buat Be-emers yang ingin merasakan sensasi adrenaline tanpa perlu jauh-jauh ke pegunungan bersalju, sandboarding di sini bisa jadi solusi!