Pengin Punya Anak Penurut, Ini Hal yang Harus DIperhatikan Orang Tua!

Like

Orang Tua yang Kompak

Perbedaan pola asuh pada anak membuat anak kebingungan mengikuti cara Ibu atau Ayah, karena berpegang pada keyakinannya masing-masing dan akhirnya menimbulkan pertengkaran yang membuat anak merasa sedih.

Dalam hal ini, sebagai orang tua diharapkan dapat berkompromi dan sepakat menerapkan nilai-nilai yang mana diperbolehkan dan tidak diperbolehkan.


Menetapkan Batasan Ke Anak

Jelaskan Sebab-Akibat jika melanggar aturan orang tua dengan jelas dan tegas. Jangan mengubah aturan dari A ke B sehingga membuat anak tidak yakin pada orang tuanya.

Mendidik anak ini melibatkan pendekatan yang penuh kasih sayang dan komunikasi yang terbuka, sebagai orang tua hindari ancaman yang menakutkan seperti ingin memukul atau melukai fisik.

Fokuslah memberikan pemahaman dan batasan yang jelas tentang apa yang diharapkan orang tua terhadap anaknya.

Baca Juga: Pengin Punya Anak Nurut Sejak Dini, Ini Tipsnya!

 

Terbuka Pada Anak

Jika anak bercerita tentang apa yang telah ia lakukan maka orang tua harus mendengarkan dan merespon biar anak tidak merasa sungkan terhadap orang tuanya.

Ajak anak untuk sering berkomunikasi tentang aktifitasnya sehari-hari, misal: tanya bagimana persaanmu? bagaimana kegiatan di sekolah?

Jika anak bercerita kalau mendapatkan nilai yang baik di sekolah maka tidak ada salahnya sebagai orang tua memberikan pujian atau hadiah (Jangan Gengsi).

Jangan menjadi orang tua yang menakutkan bagi anak karena anak akan merasa tidak nyaman jika harus menjelaskan bagaimana perasaannya dan kegiatannya sehari-hari di luar rumah, jadilah orang tua yang bukan hanya sebagai orang tua dan anak tetapi jadilah orang tua sekaligus sahabat sehingga kedekatan antara anak tidak ada batas.

Dengan memberikan contoh yang baik, orang tua yang kompak, menetapkan batasan ke anak dan sikap yang terbuka pada anak dapat memperkuat ikatan antara anak dan orang tua, sehingga anak lebih mungkin untuk mematuhi aturan tanpa perlu adanya kekerasan.





---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung