Pengin Cepet Kaya? Kebiasaan Keuangan yang Mesti Dihindari di Usia 20-an

Like

Tidak Mulai Menabung untuk Pensiun

Banyak orang di usia 20-an merasa bahwa pensiun masih terlalu jauh untuk dipikirkan. Namun, justru inilah waktu terbaik untuk mulai menabung untuk masa pensiun.

Semakin awal Anda menabung, semakin besar dana yang akan terkumpul karena efek bunga majemuk.

Tips: Manfaatkan program pensiun dari tempat kerja, seperti BPJS Ketenagakerjaan, atau buat rekening investasi jangka panjang seperti reksadana. Mulai dengan menyisihkan sebagian kecil dari pendapatan bulanan.

Jadi, membentuk kebiasaan keuangan yang sehat di usia 20-an adalah kunci untuk mencapai kestabilan finansial di masa depan.

Baca Juga: Doom Spending: Ancaman Baru Bagi Keuangan Generasi Z dan Milenial


Dengan menghindari kebiasaan buruk seperti belanja impulsif, mengabaikan anggaran, dan tidak memulai investasi, Anda dapat membangun fondasi keuangan yang kuat.

Ingatlah bahwa usia 20-an adalah masa yang tepat untuk belajar, bereksperimen, dan mempersiapkan diri secara finansial demi kehidupan yang lebih stabil dan bebas secara ekonomi di masa mendatang.












---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung