Bagaimana Implementasi Nilai Pancasila dalam Budaya Kerja?

Like

Lantas Bagaimana Membangun Budaya Kerja Nuansa Pancasila?

Membangun budaya kerja yang memiliki saripati nilai-nilai Pancasila artinya pola kerja yang ada di kantor membangun hubungan yang peduli, toleransi, saling menghargai, dan gotong-royong.

Memenuhi hak dan kewajiban perusahaan pada karyawan atau sebaliknya karyawan pada perusahaan. Memberikan ruang terbuka kepada karyawan untuk memberikan masukan atau ide yang bisa memberikan perkembangan baik bagi industri bisnisnya.

Karyawan hanya butuh sistem yang berkeadilan dan kesejahteraan agar menumbuhkan semangat loyalitas dan totalitas yang tinggi kepada perusahaan.

Apalagi bagi karyawan tulang punggung keluarga, pastinya dia menaruh harapan tinggi pada perusahaan.

Baca Juga: Bagaimana Eksistensi Nilai-Nilai Pancasila di tengah Perubahan Sosial?


Lalu, siapa yang bertanggungjawab untuk memulai? Jawaban konkretnya tidak lain dimulai dari sistem yang diterapkan oleh pimpinan perusahaan yang diakomodir sama bagian human resource developement (HRD) untuk dijadikan standard operasional procedure (SOP) untuk diikuti setiap harinya.

Hampir separuh waktu karyawan dihabiskan ditempat kerja, maka tidak terlalu berlebihan jika perusahaan punya andil untuk membantu mereka bekerja dengan nyaman dan merasa sejahtera. Dengan demikian, hari kesaktian Pancasila tidak cukup hanya jadi momen pengingat (reminder) semata.

#Mon-FridayChallengeOktober












---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung