Apakah Bisnis MLM Seburuk yang Dipikirkan Orang-Orang?

Like

Kegagalan dalam bisnis MLM biasanya karena beberapa hal berikut:

1. Kesulitan Merekrut Anggota Baru

MLM sendiri mempunyai stigma negatif. Bukan hal mudah meyakinkan orang untuk ikut bergabung dan mengubah stigma negatif tersebut. 
 

2. Ekspektasi Pendapatan yang Tidak Realistis 

Anggota MLM mempunyai karakter positif dan tekad kuat. Hal tersebut seiring dengan pendapatan tidak realistis yang ditawarkan. Namun, hal tersebut menambah penilaian negatif kepada anggota MLM sebagai penjual mimpi
 

3. Kurangnya Keterampilan Penjualan

Produk-produk MLM biasanya tidak jauh berbeda dengan produk-produk lain yang sudah ada di pasaran dan harga jualnya, biasanya lebih tinggi. Hal tersebut tentu menjadi tantangan yang tidak mudah. 
 

4. Biaya yang Tinggi

Dalam MLM sering kali ada biaya-biaya tak terlihat, seperti biaya transportasi untuk merekrut anggota baru, biaya belanja produk, biaya seminar dan pelatihan-pelatihan. 
 

5. Jaringan yang Tidak Produktif

Tidak sedikit anggita yang bergabung hanya karena tekanan emosional, pada akhirnya mereka menjadi jaringan yang tidak produktif. Hal tersebut tentu tidak menjadi keuntungan bagi rekruter.

Be-emers, tidak dapat dipungkiri selain kekurangan yang tersebut di atas, MLM juga mempunyai kelebihan yaitu pelatihan-pelatihan yang berguna bagi skills dan mental anggota.

Baca Juga: Dibalik Sisi Gelap MLM, Ada 4 Hal Positif Yang Bisa Diambil!



Beberapa pelajaran penting dari MLM meliputi:

1. Keterampilan Penjualan

Di samping kesulitan penjualan yang disebutkan diatas, biasanya MLM memberikan bekal untuk anggota berupa pelajaran bagaimana menjual produk secara langsung kepada konsumen. Seperti cara mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, menawarkan solusi melalui produk, dan mengatasi keberatan dalam penjualan.


2. Rekrutmen dan Networking

Selain belajar marketing anggota juga diajarkan cara membangun jaringan dan merekrut anggota baru (downline).

Di sini anggota dapat belajar bagaimana berkenalan dengan calon anggota, bagaimana mengidentifikasi calon anggota potensial dan meyakinkannya untuk bergabung. Dalam kata lain di sini anggota belajar komunikasi yang baik dengan orang lain. 


3. Kepemimpinan

Skema piramida menjadikan setiap anggota adalah pemimpin bagi anggota yang direkrutnya. Mulai dari cara membimbing, memotivasi downline agar produktif dan bagaimana membangun jaringan bisnis yang terus berkembang dan kuat. 
 

4. Mindset Positif dan Motivasi Diri

Positif thinking sangat ditekankan dalam bisnis MLM, selain itu anggota juga harus mempunyai mental yang tangguh, dan motivasi diri. Hal tersebut tidak hanya berguna ketika anggota menghadapi penolakan dan tantangan lain dalam bisnis.

Bahkan jika tidak lagi menjadi anggota MLM pelajaran tersebut dapat berguna dan diterapkan ketika menggeluti bidang lainnya. 
 

5. Penggunaan Teknologi dan Media Sosial 

Saat ini banyak MLM modern mengajarkan cara memanfaatkan teknologi dan media sosial untuk memperluas jangkauan bisnis. Seperti bagaimana menggunakan platform digital untuk memasarkan produk dan merekrut anggota baru.

Be-emers, setiap bisnis, termasuk MLM, memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kunci kesuksesan dalam MLM adalah memilih perusahaan dengan reputasi yang baik dan produk berkualitas, serta memiliki strategi yang tepat.

Bagi sebagian orang, MLM bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan, sementara bagi yang lain, itu bisa menjadi sumber frustrasi. Jadi, sebelum memutuskan bergabung, lakukan riset mendalam dan pastikan memahami risiko serta potensi yang ada.

Pada akhirnya, kesuksesan dalam MLM, seperti halnya dalam bisnis lainnya, sangat bergantung pada usaha yang kita lakukan dan strategi yang kita terapkan.

#Mon-FridayChallengeOktober
















---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung