Unpaid internship: Worth It or not?

Unpaid Internship Worth It Enggak Sih? (Foto Freepik.com)

Unpaid Internship Worth It Enggak Sih? (Foto Freepik.com)

Like

Tahukah kamu, berdasarkan data dari BPS pada bulan Agustus 2022, ada 8,43 juta penganggur di Indonesia dan 7,99% penganggur berasal dari Universitas.

Sementara itu, pada tahun 2023, diperkirakan ada 4,1 juta magang berbayar dan 1,64 juta magang tak berbayar di Amerika serikat. Fakta ini menyoroti kenyataan pahit : mencari pekerjaan di era sekarang semakin kompetitif.

Pencari kerja di Indonesia pasti sudah familiar dengan syarat pengalaman yang sering muncul disetiap lowongan, bahkan untuk freshgraduate.

Bahkan bagi perusahaan yang membuka lowongan untuk lulusan baru, tak jarang tercantum frasa ‘memiliki pengalaman lebih disukai’ yang sering kali menjadi penghalang. Hal ini membuat banyak lulusan baru mencari magang baik berbayar maupun tidak dengan harapan memberikan pengalaman.

Berikut beberapa gambaran akan magang tak berbayar atau unpaid internship,


Baca Juga: Pro Kontra Mahasiswa Penerima Beasiswa Wajib Part Time dan Alternatifnya

Keuntungan:

  • Pengalaman Kerja Nyata. Ada banyak sekali lowongan yang mensyaratkan akan pengalaman kerja. Magang tak berbayar bisa memberikan pengalaman kerja, dan memperkaya CV. Magang juga mengajarkan softskills seperti komunikasi dan manajemen waktu yang sulit didapat dibangku kuliah.
  • Membangun jaringan professional. Sering kali, pekerjaan tidak diiklankan secara publik. Dengan magang, kamu bisa membangun hubungan langsung dengan professional di industri, yang mungkin membuka peluang pekerjaan atau referensi di masa depan.