Unpaid internship: Worth It or not?

Like

Kekurangan:

  • Tidak mendapatkan penghasilan. Bekerja tanpa bayaran bisa jadi berat, terutama jika kamu perlu mengeluarkan uang untuk transportasi, makan siang, atau biaya hidup sehari-hari.Di beberapa tempat, kamu mungkin hanya mendapat imbalan berupa pengalaman atau sekedar makan siang gratis.
  • Waktu yang terkorbankan. Waktu yang kamu habiskan untuk magang bisa digunakan untuk hal lain, seperti belajar keterampilan baru, kursus online, atau bahkan bekerja paruh waktu yang berbayar.
Baca Juga: Gen Z Rajin Internship: Membangun Pengalaman Karir dan Jejaring Profesional

Jika setelah mempertimbangkan keuntungan dan kerugian kamu memutuskan untuk mengambil unpaid internship, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memaksimalkan pengalaman tersebut.

Pastikan kamu menetapkan tujuan yang jelas: apakah itu membangun portofolio, memperluas jaringan, atau mengasah keterampilan tertentu.

Jangan ragu untuk berbicara dengan atasan tentang tugas-tugas yang bisa memberikan dampak besar bagi karirmu.

Jika tidak ingin mengambil unpaid internship, pertimbangkan untuk mencari proyek freelance, mengikuti kompetisi profesional, mengambil sertifikasi, atau mengerjakan portofolio pribadi.















---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung