Risiko dan Cara Menjaga Kesehatan Mental Remaja

Like

Faktor Psikologis
Mengingat peristiwa traumatik seperti kekerasan yang di alami dari kecil hingga remaja, perceraian dan di tinggal mati oleh orang yang di cintai seperti orang tua, kurangnya pergaulan sehingga tidak punya teman untuk bercerita atau kesepian,
perasaan sedih atau cemas yang berlangsung hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan membuat aktivitas terganggu dan pola tidur tidak teratur.

Cara Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental bagi Remaja
Mengatasi gangguan kesehatan mental pada remaja perlu pendekatan yang mendalam. Berikut ini beberapa langkah yang dapat diambil:

Rajin Berolahraga
Aktivitas olahraga yang teratur dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan suasana hati pada remaja. Melakukan olahraga, seperti berjan kaki, berlari, mendaki gunung, berenang, dapat membantu mengatasi gejala gangguan kesehatan mental.


Pola Tidur Teratur
Tidak perlu begadang jika tidak ada kesibukkan. Memiliki waktu tidur yang cukup dapat membantu untuk mengembalikan energi, mengatasi kelelahan karena telah beraktivitas seharian dan meningkatkan konsentrasi bagi remaja.

Support dari Keluarga
Keluarga yang harmonis dapat mendukung secara emosional memberikan kekuatan bagi remaja dalam menghadapi gangguan kesehatan mental. Perlunya kasih sayang seperti dipahami, didengarkan dan mendapatkan dukungan dari keluraga maka mereka merasa diabaikan.

Terapi dan Konseling
Untuk kasus bagi remaja yang sudah serius, sangat diperlukan bantuan profesional seperti psikolog atau konselor yang sudah berpengalaman dapat membantu remaja memahami dan mengatasi gangguan kesehatan mental yang mereka alami.

Nah, dengan rajin berolahraga, pola tidur yang teratur, support dari keluarga, terapi dan konseling, semoga bisa membantu kesehatan mental bagi remaja.