Keuntungan dan Kekurangan Berbisnis dengan Sistem Reseller, Pertimbangan Sebelum Memilih!

Like

Kekurangan Berbisnis dengan Sistem Reseller bagi Produsen

1. Kontrol Harga Kurang Stabil

Hal tersebut karena reseller menentukan harga sendiri, sehingga bisa terlalu rendah atau terlalu tinggi sehingga merusak citra merek. Jika ada peraturan khusus, mungkin hal ini bisa mengurangi resiko bagi produsen.
 

2. Kesulitan dalam Memastikan Kualitas Pelayanan

Produsen tidak terlibat langsung dengan konsumen dan karena banyaknya reseller, produsen sulit mengawasi bagaimana pelayanan terhadap konsumen.
 

3. Tidak Ada Keterlibatan Langsung dengan Konsumen

Tidak terlibat dengan konsumen, membuat produsen bergantung pada reseller. Akibatnya ketika reseller pergi, produsen juga kenangan pangsa pasarnya. 
 

4. Persaingan Internal antar Reseller

Penyebaran reseller tidak merata menyebabkan persaingan internal tinggi dan menurunkan volume penjualan yang tentunya merugikan produsen.

Baca Juga: Ingin Mencoba Berbisnis dengan Sistem Reseller? Ini Keuntungannya!
 

Kekurangan bagi Reseller

  1. Keuntungan Tidak Pasti, Harga dan margin keuntungan bergantung pada kebijakan produsen dan kompetisi dengan reseller lain, sehingga keuntungan reseller berfluktuasi dan tidak selalu besar.

  2. Ketergantungan pada ProdusenReseller sangat bergantung pada produsen. Jika produsen mengalami masalah, reseller ikut terseret. 
  3. Biaya promosi dan pemasaran ditanggung sendiri oleh reseller
  4. Tidakmemiliki kontrol terhadap produk, Reseller bergantung pada produsen. 

Terlepas dari kekurangannya, sistem reseller bisa menjadi model bisnis simbiosis mutualisme antara produsen dan reseller. Jika semua berjalan lancar dan seimbang. 

Produsen dapat memperluas pasar dan meningkatkan penjualan tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk distribusi dan pemasaran. Sementara itu, reseller dapat memulai bisnis dengan modal kecil dan risiko rendah, serta memiliki fleksibilitas dalam menjalankan bisnis. 


Hubungan simbiosis mutualisme inilah yang membuat sistem reseller menjadi model bisnis yang semakin diminati di era digital saat ini.


#Mon-FridaychallengeOktober


















---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung