Serunya Bisnis Muda Day 2024: Ada Kegiatan Apa Aja sih?

Dokumentasi acara Bisnis Muda Day 2024

Dokumentasi acara Bisnis Muda Day 2024

Like

Alhamdulillah, sabtu kemarin tepatnya tanggal 19 Oktober 2024. Mbak Lala terpilih menjadi salah satu peserta yang bisa menghadiri event Bisnis Muda Day 2024. Dalam rangka anniversary ke-4 tahun. Event berlangsung di MBloc Space Amphitheater Jakarta Selatan. Acara dimulai sekitar pukul 13.30 WIB.

Sayangnya venue acara lumayan panas terik, walapun panitia sudah mengingatkan buat membawa topi. Beberapa teman yang hadir, ada juga yang memakai payung buat melindungi diri dari paparan sinar matahari yang lumayan kenceng di siang tersebut. 

Well, demi menuntut ilmu bermanfaat buat kehidupan. Puluhan peserta rela duduk di bawah terik mentari. Sambil fokus memperhatikan narasumber yang di hadirkan. Bertabur expert yang siap memberikan ilmu serta wawasannya kepada audience event Bisnis Day 2024. 
 

Sambutan Dari Tim Bisnis Muda Indonesia 

Acara dimulai dengan sambutan dari kedua MC tim bisnis muda Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari bapak Heri selaku head dari tim Bisnis Muda Indonesia. Saat ini Bisnis muda community terbagi menjadi empat yaitu: Bisnis Sisterhood, BisnisCoMmunity, Let’s Blogging dan Katalogue.

Pembahasan di komunitas Bisnis muda Indonesia ini memang lebih banyak terkait investasi cerdas. Selain itu ada kegiatan zoominar rutin hingga ada berbagai event offline mulai dari gratis hingga berbayar. Untuk let’s blogging, setiap senin-jum’at memiliki kegiatan menulis bertema.

Para blogger menulis di platform Bisnis Muda Indonesia, menggunakan hastag Mon-FridayChallengeOktober (Untuk bulan Oktober). Tema yang disediakan bisa dibilang tema yang lagi hype dan sangat relate sama situasi terkini.


Pastinya blogger seperti mbak Lala, happy dengan diadakan tantangan menulis. Poin bisa dikumpulkan, detail informasi terkait poin ada di platform. Intinya poin akan bisa di redeem dengan beberapa hadiah menarik serta bermanfaat apabila jumlah poin sudah mencapai jumlah tertentu. 
 

Ngobrol Asyik Bareng Kak Alan Pradana Explore Kreativitas Jadi Peluang Cuan

Pada sesi ini kak Alan Dinda Pradana, seorang education content creator. Menjabarkan terkait pentingnya personal branding, kemudian strategi personal branding, menentukan value pada setiap konten yang akan dipublish. Materi disampaikan secara fun dan juga menarik. Memang betul ya, saat seseorang follow sebuah akun pastilah yang dicari informasi bermanfaat. 

Kak Alan menyarankan untuk para content creator ada baiknya menentukan satu niche yang akan dibahas pada akun social medianya kemudian di posting secara konsisten sehingga followers bisa mendapatkan banyak manfaat. Kak Alan pun menyampaikan, ada baiknya content creator mulai saja ngonten tanpa mikirin cuan. Jika sudah konsisten dan followers meningkat, cuan pasti bakalan ngikutin. 

Sama Kak Alan mengingatkan untuk tetap menjadi diri sendiri saat membuat konten. Supaya tidak fake dan brandingnya makin kuat. Beneran di pompa semangatnya supaya ngonten secara konsisten, banyak memperhatikan konten lain untuk kemudian dianalisis dan bisa terapkan try error agar menemukan formula yang tepat bagi akun social media content creator. 

Insightfull banget materi dari kak Alan, beneran membuka paradigma selaku konten kreator pemula. Jadi makin semangat membuat konten bermanfaat bagi audience juga nih. Kebayang kalau sudah konsisten dan menerapkan strategi tepat, bakalan menghasilkan lebih dari UMR pastinya. Tentu mesti dihadapi dengan tantangan dan kesiapan juga dari creatornya. 

 

Sesi Workshop Konten Kreatif Social Media Bersama Mas Didit Digital Creator

Sesi yang ini, beneran sangat bermanfaat buat para content creator dalam menyiapkan bahan (foto & video). Mas Didit memberikan banyak contoh via slide yang dipresentasikan kepada audience. Mas Didit kembali mengingatkan terkait pengertian konten. Kemudian teknik fotografi yang sangat menarik, yaitu : teknik fotografi framing, leading lines bahkan flatlay. Beserta contoh hasil jepretan yang sangat menarik serta estetik.

Bener juga ya, kalau posting foto sebagus itu, bakalan memancing percakapan dengan audience dan terpancing buat follow akun yang dimiliki juga pastinya. Kemudian ngelanjut ke pembahasan terkait pergerakan kamera.

Dalam hal ini, mas Didit menginformasikan kalau setiap tiga detik ada baiknya angle yang diambil berbeda. Sehingga hasil video makin menarik dan stand out. Bahkan kasih beberapa rekomendasi tools buat editing foto.
 
Teknik pengambilan video pun sangat beragam. Salah satunya teknik ninja walk. Saat mengambil konten dengan menekan area tumit kaki sehingga menghasilkan gerakan seperti ninja, hasil take video jadi makin estetik dan juga stabil pake banget. Part ini, mbak Lala merasa beneran full daging. Berhubung ngonten foto dan video sudah jadi rutinitas harian yang mana tahu nambah penghasilan.