Serunya Bisnis Muda Day 2024: Ada Kegiatan Apa Aja sih?

Like

Lanjut Sesi Games Tanya Jawab & Kahoot! 

Ini dia yang ditunggu-tunggu sama peserta event. Peluang buat menangin games hingga menangin kuis Kahoot!. Hadiah berupa voucher MAP, Powerbank, smartwatch hingga doorprize nya logam mulia. Mantep banget kan, beneran bertabur hadiah. 

Kahoot! diadakan sampe dua kali. Pemenang pertama tiga orang dan pemenang part dua pun tiga orang. Voucher MAP pun sangat banyak nih. Smartwatch cocok buat pelari dan siapa coba yang nolak kalau dapetin doorprize logam mulia?

Fix ini tuh momentum yang dinantikan juga sama banyak pihak hahaha. Sayangnya, mbak Lala belum berkesempatan menang. Peserta sangat antusias sekali mengikuti sesi yang satu ini. Bertabur hadiah serta seru banget deh. 

 

Ngobrol Asyik - Generasi Bijak Finansial Bijak Berperilaku & Bijak Bertransaksi

Part ini pun tidak kalah menarik ya. Ada mas Fathan Faruqi selaku content & channel Manager PT. Pembiayaan Digital Indonesia dan juga ada mba Rista Zwestika, CFP, MMI, WPS Financial Planner. Keduanya kembali mengingatkan audience betapa pentingnya mengelola keuangan.

Kemudian pentingnya dana darurat serta saat akan install aplikasi keuangan coba cek dan baca dulu term & condition yang harus disetujui. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Terutama di era kemajuan fintech.


Hampir semua orang menggunakan dompet digital, jarang pegang uang cash dan penggunaannya terkadang kurang bijak.

Saking merasa mudah buat bertransaksi ujung-ujungnya kebablasan. Padahal uang itu mesti dikelola dengan baik sehingga bisa tersedia dana darurat, tabungan ataupun investasi sehingga bisa jadi salah satu pemutus generasi sandwich. 

Perilaku saat menggunakan uang, bijak saat bertransaksi. Menjadi bagian self control saat ingin mengatur uang yang diperoleh. Sehingga uang lebih jelas keluar masuknya. Kemudian bisa lebih bijak dalam berhutang.

Saat ini ada dua jenis hutang : Hutang produktif dan hutang konsumtif. Keduanya harus diperhatikan, lalu total hutang seseorang sebaiknya di angka 15?ri pendapatan. Sehingga tidak ada lagi istilah bunuh diri akibat terlilit hutang.

Dalam berhutang pun, pastikan mengambil pembiayaan ke perusahaan yang telah terpercaya serta di bawah naungan OJK. Sehingga terhindar dari pinjaman online ilegal. Kemudian meminimalisir terjadinya penipuan sampai dengan scam atau pencurian data. 

Era digital memang terasa makin praktis dan sat-set, namun harus diimbangi dengan pengetahuan mumpuni dan juga bijak dalam berperilaku serta bertransaksi. Sehingga bisa mengatur keuangan dengan lebih baik. Dana darurat setiap orang jumlahnya bisa berbeda.

Contoh : seorang yang single dana darurat sebesar enam kali dari pendapatan. Orang yang sudah menikah namun belum memiliki anak, dana darurat yang disarankan sembilan kali dari pendapatan dan Orang dengan keluarga dan satu orang anak, sebaiknya punya dana darurat dua belas kali pendapatan.

Dana darurat ini penting untuk mengatasi hal-hal diluar dari prediksi seorang manusia biasa. 

Ada kutipan menarik dari mas Fathan : “Bijak finansial agar masa depan no beban” Sangat dalem banget nih maknanya.

Masing-masing individu yang sudah mulai bekerja memang memiliki tanggung jawab untuk mengatur dan mengelola keuangan secara bijak supaya tidak mudah berhutang dan lebih besar pasak daripada tiang. Bisa mempersiapkan keuangan masa depan secara teratur.

Adapun jenis investasi yang aman : deposito, tabungan, logam mulia dan reksa dana. Pastikan mempelajari terlebih dahulu instrumen investasi supaya lebih aman. Setiap sesi selalu ada tiga pertanyaan dari para audience untuk narasumber.

Event Bisnis Muda Day 2024 ini berlangsung hingga menjelang magrib. Kebetulan acara penutupnya doorprize logam mulia 2 gram yang dimenangkan oleh salah satu audience yang berhasil menjawab pertanyaan kuis. 

Harapannya, semoga semakin sering diadakan event offline seperti Bisnis Day 2024. Tentunya dengan venue yang lebih mumpuni dan nyaman bagi para audience sehingga bisa menyimak materi dengan maksimal. 

Pulang-pulang bawa wawasan baru, nambah teman baru dan mutusin buat ngecek keuangan serta menerapkan materi workshop dari mas Didit terkait fotografi dan juga videografi. Sukses terus untuk komunitas Bisnis Muda Indonesia, collaborate together.