Rekasa dana, 4 Persiapan Sebelum Berinvestasi untuk Pemula

Reksa dana investasi untuk pemula (sumber gambar: freepik)

Reksa dana investasi untuk pemula (sumber gambar: freepik)


Waktu yang paling tepat untuk memulai Reksa dana adalah sekarang. Kenapa harus sekarang be-emers? Karena saat ini cukup seharga bakso, be-emers bisa mulai memiliki reksa dana yaitu nominal Rp 10.000,- saja.

Kemudahan untuk menjadi investor saat ini dengan dukungan perkembangan teknologi yang luar biasa membuat siapa saja bisa memiliki reksa dana dan konsisten dalam menjalaninya sehingga menghasilkan cuan. 
 

Persiapan Berinvestasi Reksa Dana

Nominal kecil hasilnya kecil dong? Tentu saja. Oleh sebab itu, konsisten itu merupakan kunci. Nah, besaran nominal reksa dana bisa mulai sedikit-sedikit diperbesar dengan memperhatikan hal-hal berikut ini :

1. Dahulukan Bayar Hutang

Bagi be-emers yang masih memiliki tanggungan, sebaiknya spare biaya sebelum memutuskan melakukan investasi. Karena karakteristik reksa dana sendiri adalah tujuan jangka panjang sehingga tidak bisa dijadikan sebagai dana darurat yang bisa diambil sewaktu-waktu.

Baca Juga: Berinvestasi Reksa Dana, Apakah Harus Menunggu Momen yang Tepat?
 

2. Sisakan Anggaran Tiap Bulan

Meskipun hanya Rp 10.000,- per bulan, dengan menyisakan anggaran untuk melakukan investasi reksa dana artinya be-emers sudah tergolong orang yang sangat berniat untuk melakukan investasi, loh.

Jadi, bukan pada besaran nominal tetapi lebih kepada konsistensi dalam menjalankan investasi ini.
 

3. Pilih Platform yang Tepat

Banyaknya pilihan platform untuk melakukan investasi reksa dana membuat be-emers harus pandai memilah mana platform yanh memberikan keuntungan dan mudah melakukan proses.


Be-emers bisa membeli lanhsung ke perusahaan Manajer Investasi atau ke Agen Penjual Efek Reksa Dana seperti bank. Jangan lupa, untuk melakukan pembelian reksa dana secara rutin yah, meskipun membutuhkan kedisiplinan, pasti bisa kok be-emers.