Mengenal Sociopreneur, Menjadi Pengusaha yang Berdampak Sosial

Like

Strategi Meraih Cuan dengan Menjadi Sociopreneur

Be-emers, tujuan utama sociopreneur adalah memberikan dampak sosial, meskipun demikian bukan berarti usaha yang digeluti tidak bisa menghasilkan keuntungan atau Cuan. Agar sociopreneur tetap bisa sukses secara finansial kita bisa melakukan strategi berikut:

1. Diversifikasi produk atau layanan 

Kita bisa mengembangkan beberapa produk atau layanan lain yang tidak hanya berfokus pada dampak sosial, tetapi juga memiliki potensi pasar yang besar.

Sehingga dapat menghasilkan keuntungan bisnis, yang tentunya bisa digunakan untuk mendanai proyek sosial.
 

2. Manfaatkan teknologi

Kita tidak bisa mengabaikan kemajuan teknologi, sebagai Sociopreneur kita bisa memanfaatkan teknologi untuk memperluas jangkauan bisnis.

Misalnya dengan memanfaatkan platform digital untuk memasarkan produk atau menggunakan teknologi ramah lingkungan dalam proses produksi.
 

3. Konsisten dengan misi sosial

Dampak sosial yang dihasilkan dari bisnis seorang sociopreneur merupakan data tarik tersendiri. Untuk itu kita bisa memaksimalkan hal tersebut dengan tetap konsisten menjalankan misi sosial.

Sehingga sociopreneur bisa menarik lebih banyak konsumen yang peduli dengan isu-isu sosial.
 



4. Maksimalkan peluang kemitraan

Seperti disinggung sebelumnya Sociopreneur tidak bisa bergerak sendiri. Kita bisa bekerja sama dengan perusahaan besar yang memiliki kepedulian yang sama terhadap masalah sosial. 

Kerja sama dalam bentuk kemitraan semacam ini bisa membantu dalam hal pendanaan, promosi, hingga pengembangan produk.

Be-emers, menjadi sociopreneur bukanlah pilihan mudah meskipun memiliki banyak kelebihan. Selain mendapatkan keuntungan finansial, Sociopreneur memberi dampak sosial yang mendatangkan kebermanfaatan bagi orang lain. 

Baca Juga: Jadi Sociopreneur, Bagaimana Tantangan dan Menghadapinya?

Meskipun juga banyak kekurangan dan tantangannya. Namun, tidak mustahil untuk meraih kesuksesan dengan menjadi seorang Sociopreneur. 
 

Youngpreneur Talk Bisnis Muda

Youngpreneur Talk Bisnis Muda


Masih penasaran, bagaimana cara meraih itu semua. Yuk, kita lanjutkan obrolannya tentang Socioprener secara lebih menyeluruh, dengan mengikuti webinar Youngpreneur Talk "Sukses jadi Sociopreneur: CUAN Maksimal Manfaat Optimal" bersama dengan Muhammad Khodim Founder Borneo Cacao yang akan dilaksanakan pada: 
  1. Kamis, 24 September
  2. 18.30-19.30 WIB
  3. Live on ZOOM (Gratis)

Selama kegiatan ini kamu akan belajar tentang:

  1.  Apa itu sociopreneur? Bagaimana kelebihan dan kekuranganya?
  2. Tantangan berbisnis yang berdampak untuk lingkungan
  3. Langkah menjadi sociopreneur
  4. Strategi CUAn dengan menjadi sociopreneur
 Yuk, daftar, jangan sampai ketinggalan! bit.ly/YTSociopreneur















---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung