Panduan Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak, Tips untuk Pemula!


Risiko Kartu Kredit Jika Tidak Digunakan dengan Bijak

Seperti disinggung sebelumnya, bahwa kartu kredit dapat menjadi jebakan batman, karena di balik keuntungan yang ditawarkan, kartu kredit bisa menjadi sumber masalah jika tidak digunakan dengan bijak. 

Berikut beberapa risiko yang perlu diwaspadai:

1. Utang yang Menumpuk

Belanja sekarang bayar nanti. Konsep tersebut merupakan risiko terbesar dari penggunaan kartu kredit karena dapat menjadi utang yang menumpuk akibat bunga yang terus bertambah. Karena apabila tidak dibayar penuh, sisanya akan dikenakan bunga yang cukup tinggi, dan utang semakin bertambah. 
 

2. Biaya dan Denda

Sebagai timbul balik dari kemudahan, kartu kredit memiliki biaya-biaya. Seperti biaya tahunan, biaya keterlambatan, dan biaya bunga. 

Lengah sedikit dalam membayar tagihan dan terlambat membayar, pemilik terkena denda yang akan semakin membebani keuangan. 
 

3. Kehilangan Kendali Finansial

Jika tidak hati-hati dan menggunakan kartu kredit secara berlebihan dapat membuat pemilik kehilangan kendali atas keuangan. 

Tanpa perencanaan matang, pemilik kartu kredit akan terjebak belanja impulsif dan konsumsi yang tidak sehat. 


 

Langkah-langkah Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Jika tidak ingin terkena tajamnya kartu kredit, kita harus bijaksana dalam menggunakannya. Sehingga kartu kredit dapat bermanfaat secara optimal tanpa terjebak dalam masalah finansial. 

Berikut beberapa tips bijak yang bisa diterapkan:

1. Pahami Batas Kredit

Perhatikan baik-baik limit kartu kredit yang diberikan oleh bank. Perhitungkan sesuai kemampuan kita dalam membayar kartu kredit di setiap bulannya. Batas ideal pengaturan kartu kredit adalah 30?ri total limit yang diberikan.
 

2. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Pastikan selalu membayar tagihan kartu kredit tepat waktu untuk menghindari bunga dan denda. Hal yang paling aman adalah membayar tagihan secara penuh setiap bulan agar tidak ada bunga yang harus dibayar.
 


3. Hindari Hanya Membayar Minimum Payment 

Biasanya pihak bank memberikan opsi untuk membayar jumlah minimum dari total tagihan. Namun, sebenarnya hal tersebut bukanlah solusi tetapi justru merupakan masalah tersembunyi, karena sisa tersebut merupakan hutang yang akan terus berbunga. Oleh karena itu pastikan untuk selalu membayar tagihan penuh.

Baca Juga: Paylater vs Kartu Kredit: Pertimbangan Sebelum Berutang
 

4. Manfaatkan Promo dengan Bijak

Banyak kartu kredit menawarkan promo menarik seperti cicilan 0%, diskon, atau cashback. Hal tersebut terlihat sangat menguntungkan tetapi jika memanfaatkan promo tersebut untuk belanja impulsif tentu hilang kemanfaatan. Maka dari itu harus hati-hati dan pastikan apa yang dibeli bukan karena promo melainkan karena memang membutuhkannya.
 

5. Awasi Pengeluaran Kartu Kredit

Selalu pantau penggunaan kartu kredit. Catat setiap transaksi yang dilakukan dan cek secara rutin tagihan bulanan. Hal tersebut sangat berguna untuk mengontrol pengeluaran dan memastikan tidak ada transaksi yang tidak sah.
 

6. Tahu Kapan Berhenti Menggunakan Kartu Kredit

Jika merasa penggunaan kartu kredit sudah di luar kendali, sebaiknya segera berhenti dan gunakan kembali jika keuangan stabil dan pastikan sudah bisa mengatur keuangan dan bisa menahan diri untuk tidak belanja sembarangan. 

 

Pertimbangan Sebelum Memiliki Kartu Kredit

Be-emers, jika hendak memiliki kartu kredit, sebaiknya pertimbangkan dahulu hal-hal berikut ini:

1. Kemampuan Mengelola Utang

Sebesar apapun penghasilan jika tidak bisa mengatur dan mengelola keuangan, maka sebaiknya urungkan niat untuk memiliki Kartu kredit. 
 

2. Biaya Tahunan dan Suku Bunga

Pastikan untuk memahami semua biaya yang terkait dengan kartu kredit tersebut sebelum mengajukan permohonan. Seperti biaya transaksi, limit, denda dan lain sebagainya. 
 

3. Kebutuhan atau Keinginan

Satu pertanyaan mendasar sebelum memutuskan memiliki kartu kredit adalah apakah kebutuhan atau hanya keinginan. 
 

4. Fasilitas dan Keuntungan

Meskipun memiliki fungsi yang sama tetapi setiap bank yang mengeluarkan kartu kredit menawarkan fasilitas dan keuntungan yang berbeda. Seperti poin belanja, cashback, atau cicilan 0%, dan kita bisa membandingkannya terlebih dahulu dan pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan. 
 

5. Cek Riwayat Kredit

Sebelum mengajukan kartu Kredit, pastikan be-emers memiliki riwayat kredit yang baik agar pengajuan kartu kredit disetujui dan mendapatkan penawaran suku bunga yang lebih rendah. 

Selayaknya pedang, Kartu kredit dapat menjadi alat yang bermanfaat jika digunakan dengan bijak dan penuh tanggung jawab. Namun, tanpa pengelolaan yang baik, kartu kredit juga bisa menjadi sumber masalah keuangan yang serius. 

Oleh karena itu, sebelum memiliki kartu kredit, pastikan bahwa be-emers, memahami risiko dan cara penggunaannya agar terhindar dari utang yang menumpuk.

Be-emers bisa menggunakan kartu kredit hanya untuk kebutuhan yang mendesak dan bayar tagihan tepat waktu. Jangan lupa untuk selalu memantau pengeluaran. Semoga dengan mengikuti tips bijak tersebut, kartu kredit dapat menjadi sahabat yang membantu keuangan tetap aman, sehat dan terkendali.

#Mon-Fridaychallengeoktober













---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung