Kenalan dengan Rico Huang, Pengusaha Muda yang Memiliki Ferrari

sumber: bisnis.com

sumber: bisnis.com

Like

Memiliki usia yang masih muda, tentu ambisi untuk meraih kesuksesan masih tinggi. Mungkin di antara kamu ada yang sudah khatam asam garam dunia perbisnisan. Memang bisnis itu tidak mudah, tapi jika terus tekun dan bertekad kuat, kesuksesan itu pasti akan datang.

Hal yang sama juga dialami oleh Rico Huang. Namanya akhir-akhir ini banyak dikenal masyarakat Indonesa sebagai pengusaha muda yang sukses.

Baru menginjak usia 24 tahun, berkat kesuksesan dalam mengembangkan bisnisnya, ia bahkan telah mampu memiliki Ferari. Tak hanya mobil mewah, ia juga baru membeli sebuah mesin photobook seharga Rp10 miliar.

Dibalik kesuksesannya, Rico membagikan kepada Bisnis.com bagaimana perjalanan hidupnya yang tidak mudah untuk bisa meraih kesuksesan. Ia telah melewati banyak kegagalan sebelum akhirnya sukses setelah merintis DropshipAja.com yang bergerak dalam bisnis produk custom.
 

Mencoba berbagai jenis usaha sejak kecil.

Saat Rico duduk di bangku sekolah dasar, kebakaran melanda habis segala harta dan asset milik keluarganya hingga tak ada sisa. Akibat musibah tersebut, Rico yang masih kecil harus ikut membantu memperbaiki keuangan keluarganya.

Rico pertama kali memulai usaha dengan membantu kedua orang tuanya berjualan jam tangan. Setelah SMP, ia mulai mencoba bisnis sendirii pertamanya dengan menggunakan modal uang jajan dan angpaonya untuk berjualan aksesoris ponsel.

 

Berbagai kegagalan tak meredupkan semangatnya.

Bisnis pertama Rico mengalami kebangkrutan karena tidak mampu bersaing harga dengan usaha aksesoris ponsel lainnya yang lebih murah. Ia pun kembali mencoba berbagai bisnis lainnya, seperti jualan mie ayam hingga menjadi buzzer Twitter.

Nasip baik ternyata masih belum memihak Rico. Ia kembali mengalami kebangkrutan di berbagai bisnis yang ia lakukan. Namun, berbagai kegagalan yang ia alami justru tidak mematahkan semangatnya untuk kembali mencari peluang bisnis lainnya. Menurut pandangannya, jatuh berkali-kali merupakan hal yang wajar saja dalam berbisnis.

“Selagi masih muda kita habisin jatah gagal supaya jatah sukses kita lebih cepat datang," ungkap Rico dalam siaran pers Bisnis pada Jumat (21/2).
 

Meraih kesuksesan lewat bisnis produk custom.

Belajar dari kesalahan lama, Rico mulai melihat adanya lahan hijau melalui usaha casing ponsel costum yang gambarnya bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen. Saat itu memang belum ada yang mampu membuat casing ponsel dengan gambar sesuai keninginan.

Sukses dengan produk casing ponsel custom, Rico mulai merambah ke berbagai produk lainnya, seperti kaos, topi, mug, jaket yang semaunya bisa custom. Perlahan, bisnisnya ini mulai berkembang.

Rico akhirnya mulai mengembangkan bisnis costum miliknya dengan membentuk basis online. Bersama rekannya, Rico merintis DropshipAja.com untuk jualan berbagai produknya. Hingga kini Rico telah memiliki lebih dari 100.000 reseller yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain bisnis produk, Rico juga merambah bisnis software dan sekolah internet marketing dengan merintis Alona.co.id. Bisnisnya satu ini juga telah sukses menjadi salah satu sekolah internet marketing terbesar di Indonesia

Berkat kegigihan dan pengalaman rico dalam bisnis digital, Rico mampu membuktikan dirinya bahwa walaupun sudah mengalami banyak kegagalan, ia mampu meraih kesuksesan di usianya yang masih sangat muda. Jadi, untuk kamu yang saat ini sedang mengalami kesulitan dalam mengeluti dunia bisnis,, jangan mudah menyerah, ya!