Pentingnya Networking untuk UMKM, Ini Manfaatnya!

Like

Cara Membangun Networking yang Efektif untuk UMKM

Lantas kemudian bagaimana cara membangun networking yang efektif untuk UMKM? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan pelaku UMKM yaitu sebagai berikut:

1. Bergabung dengan Komunitas atau Asosiasi Bisnis

Jika kamu merupakan salah satu pelaku UMKM, maka bergabunglah dengan komunitas atau asosiasi bisnis. Karena hal tersebut merupakan salah satu cara untuk membangun relasi.

Dengan berkomunitas kita dapat memperoleh banyak manfaatnya, seperti relasi. Seiring banyaknya relasi, pengetahuan dan informasi mengenai bisnis pun akan didapatkan. 
 

2. Aktif di Media Sosial

Perkembangan Media sosial saat ini sangat pesat. Bukan hanya untuk hubungan pertemanan tetapi juga dapat menjadi ladang bisnis yang subur. Tentunya jika kita bisa memanfaatkan secara optimal. 

Kita bisa menggunakan media sosial seperti LinkedIn, Instagram, atau Facebook. Selain dapat mengikuti komunitas bisnis, kita juga dapat berinteraksi dengan pelanggan, atau menjalin hubungan dengan pelaku usaha lainnya.
 

3. Menghadiri Acara dan Pameran

Komunitas UMKM juga pemerintah terkait, seringkali mengadakan acara-acara seperti seminar, pameran dan pelatihan.

Dengan menghadiri acara-acara tersebut kita dapat bertemu dengan pelaku bisnis lainnya. Agar maksimal kita bisa menyiapkan kartu nama dan memperkenalkan bisnis kita dengan percaya diri di acara-acara tersebut. 


Baca Juga: 5 Manfaat Bazar untuk UMKM Kamu!
 

4. Membangun Relasi dengan Pelanggan

Be-emers, pelanggan bukan sekadar sumber pendapatan tetapi lebih dari itu. Mereka merupakan pendukung bisnis kita. Karena kepuasan pelanggan sering kali menghasilkan promosi efektif dari mulut ke mulut. 
 

5. Manfaatkan Teknologi

Tanpa dipungkiri, teknologi banyak membantu manusia. Salah satunya adalah terciptanya berbagai aplikasi atau platform di berbagai sektor. Tak terkecuali di bidang bisnis.

Kita dapat mengelola dan memperluas jaringan bisnis, melalui aplikasi dan platform seperti aplikasi CRM (Customer Relationship Management) atau forum online khusus bisnis. Hal tersebut tentu berkat perkembangan teknologi yang semakin matang.