Kamu Kena PHK? Ini Pilihan Bisnis yang Bisa Kamu Coba

Bisnis Muda
Like

Mengawali Juni 2020 ini, rupanya kabar pemutusan hubungan kerja (PHK) masih jadi hot topic nih. Kali ini, kabar PHK yang viral datang dari salah satu maskapai tanah air.

Ada 181 orang pilot Garuda Indonesia terpaksa harus kena PHK. Dilansir dari Bisnis.com, PHK itu terjadi sebagai langkah lanjutan buat menyelaraskan supply dan demand operasional penerbangan yang terdampak pandemi.

Selain pilot Garuda Indonesia, sebenarnya kasus PHK marak banget terjadi sepanjang pandemi Covid-19 ini. Hampir semua sektor terkena dampaknya, kayak kinerja jadi kurang optimal sehingga pemotongan jumlah karyawan terpaksa dilakukan.

Nah, apakah kamu salah satu yang kena PHK?

Jangan terlalu lama berkecil hati, Be-emers. Sebab terkadang, hidup enggak selalu punya pekerjaan tetap, melainkan tetap punya pekerjaan.


Selain mencari peluang pekerjaan di perusahaan baru, ini pilihan bisnis yang bisa kamu coba biar tetap dapat cuan. Peluang bisnis ini bisa dilakukan secara online juga lho!
 

Bisnis Kuliner

“The secret of success in life is to eat what you like and let the food fight it out inside,”

Jadi kalau kata novelis Mark Twain, bagian dari kesuksesan manusia itu adalah makanan yang dia suka. Nah, selama manusia hidup dan butuh makan, bisnis kuliner juga pastinya bakal terus eksis. Hihi

Ini bisa jadi peluang bisnis baru yang bisa dicoba setelah kena PHK. Apalagi buat kamu yang hobi masak, peluang ini juga bakalan jadi ajang pembuktian skill kamu.

Ada banyak pilihan bisnis kuliner. Buat kamu yang belum pernah sama sekali menjalani bisnis ini, kamu bisa riset dulu kira-kira produk kuliner apa yang sesuai sama passion kamu dan prospeknya di masyarakat.

Enggak mesti yang mainstream dan butuh modal besar. Ingat, kamu juga mesti menyisihkan uang pesangon kamu untuk kebutuhan lainnya, termasuk tabungan dan dana darurat.

Dengan ketekunan dan konsistensi dalam berbisnis, modal yang sedikit juga bisa jadi bisnis yang beromzet besar lho. Salah satu yang melakukan hal itu adalah Adrian Christopher dan Eugenie Patricia, pemilik dari bisnis puding kekinian Puyo.

 

Puyo-ilustrasi Sumber: Bisniscom

Puyo-ilustrasi Sumber: Bisniscom


Dengan modal Rp5 juta, keduanya mulai mencoba peluang cuan dengan berbisnis puding sejak Juli 2013. Inovasi varian rasa yang unik, bikin silky puding ini banyak digemari nih. Dibanderol dengan harga Rp13.500 per cup puding dan Rp25.000 untuk minumannya, Puyo sekarang sudah punya lebih dari 40 gerai di hingga luar Jakarta.

“Omzet Puyo di luar ekspektasi kamu. Yang jelas, bisnis puding ini sangat potensial,” kata Adrian, dikutip dari Bisnis.com.
 

Bisnis Warung

Buka toko kelontong, kenapa enggak?

Jangan gengsi, toko kelontong atau warung bisa jadi peluang cuan yang enggak kalah menjanjikan kok. Gimana enggak, kamu bisa menjual beraneka ragam barang-barang konsumer yang pastinya dibutuhkan sama banyak orang.

Apalagi, di era yang makin canggih ini, warung juga sudah menyesuaikan zaman kok. Enggak mau kalah sama e-commerce, kini warung juga bisa bertransaksi secara digital. Salah satunya lewat Warung Pintar, Grabkios, e-Kelontong.

Dua platform fintech itu bisa jadi alternatif buat bantu usaha kamu jadi lebih kece. Soalnya, pembeli bisa bertransaksi pakai dompet digital. Selain itu, produk atau lokasi usaha kamu juga jadi gampang ditemui oleh banyak orang.

Kalau dari sisi keuangan, warung kelontong yang bermitra dengan platform fintech tersebut juga bakal punya pencatatan keuangan yang lebih teratur. Kalau kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dilansir dari Bisnis.com, lewat pemanfaat digitalisasi ini, warung bakal makin kompetitif buat menghadapi ritel modern dan juga dari segi layanan konsumen. 
 

Bisnis Franchise

Kalau misalnya ide dan inspirasi kamu mentok, tapi mau banget buka usaha, mulai bisnis franchise atau waralaba bisa jadi solusi nih. Lewat bisnis ini, kamu jadi punya kesempatan buat memanfaatkan dan menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) suatu usaha.

Pemanfaat HAKI tersebut tentunya juga melalui syarat, ketentuan, dan SOP (standar operasional prosedur) yaa. Bisnis waralaba ini bisa lintas negara lho, contohnya kayak restoran cepat saji KFC, kedai kopi Starbucks, convenience store Lawson, dan masih banyak lagi.

Salah satu waralaba dalam negeri yang sempat nge-hits adalah Tahu Go. Bisnis ini sempat viral gara-gara salah satu franchisee  atau mitra-nya adalah seorang wanita cantik yang tanpa ragu menjual tahu goreng waralaba ini di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan.

 

Tahu Go - ilustrasi Sumber: Istimewa

Tahu Go - ilustrasi Sumber: Istimewa


Enaknya menjalani bisnis waralaba ini, kita tinggal mengikuti SOP dari pemilik waralaba. Soalnya, dengan modal yang kamu punya, kamu sudah bisa dapat paket lengkap “alat perang” buat berjualan.

Semisal Tahu Go, dilansir dari Bisnis.com, dengan modal Rp18,5 juta, para mitra sudah bisa dapat gerobak beserta bahan-bahan dasar produknya. Jangan anggap remeh sebungkus tahu ya, Be-emers. Soalnya, tahu ini bisa mengahasilkan omzet Rp800 ribu sampai Rp1,6 juta per hari!

Gimana, tertarik buat memulai usaha usai kena PHK? Jangan lupa buat tetap tekun dan konsisten ya menjalaninya!