Tingkatkan Produktivitas Usaha, Tips Manajemen Karyawan untuk UMKM

strategi tingkatkan produktividtas karyawan (Foto Freepik.com)

strategi tingkatkan produktividtas karyawan (Foto Freepik.com)

Like

Bersaing dalam dunia UMKM yang jumlahnya sangat besar, apalagi dengan bisnis yang sama tentunya tidak mudah. Misalnya, fashion merupakan sektor sangat kompetitif sekali. Baik dari segi harga maupun pelayanannya.

Untuk menghadapi persaingan yang ketat dan pentignnya adaptasi terhadap perubahan kerja modern, kita perlu menerapkan tips yang tepat.
 

Meningkatkan Produktivitas Usaha dengan Manajemen Karyawan

Produktivitas yang perlu diberikan dan ditekankan kepada karyawan meliputi beberapa aspek seperti berikut ini:

1. Tingkatkan keterampilan

Apabila karyawan kita yang  melayani pembeli tanpa adanya keterampilan “How to sell effective”, dia hanya sekedar mendesak pembeli untuk beli secepatnya.  

Dia tak memiliki skill bagaimana menjual secara efektif tanpa harus memaksa pembeli harus membeli. Jadi pelatihan dan workshop oleh pakar sangat penting sekali.
 

2. Fasilitasi dengan Perangkat dan Teknologi Mumpuni

Perangkat dan teknologi yang dimiliki harus dipelajari agar bisa digunakan secara efisien. Contohnya aplikasi media sosial perlu teknik untuk bisa optimal hasilnya. Caranya dan tekniknya harus dipelajari dengan detail.
 

3. Izinkan Jam Kerja yang Fleksibel  

Selalu mempertimbangkan keseimbangan kehidupan kerja dan produktivitas. Merekrut tenaga karywan Gen Z punya gaya atau pola kerja yang sangat fleksible.  

Baca Juga: Mengapa UMKM Mesti Membangun Jaringan Bisnis?


Mereka tak bisa terikat  8-17. Jam yang sangat flexible sesuai dengan perjanjian awal


4.Terapkan WFH atau WFA

Apakah mungkin memperkejakan karyawan secara WFH atau WFA?  Jika karyawan yang direkrut untuk tenaga sales atau marketing, hal itu masih bisa dilakukakan.  Tentu perjanjian WFA dan WFA harus jelas dan sesuai dengan jenis pekerjaan yang diharapkan.
 

5. Tentukan Satu Alat Komunikasi Wajib.

Menentukan alat komunikasi yang standar dan sama, Pemanfaatan aplikasi komunikasi dan kolaborasi online.