Peluang Bisnis dan Karir Digital 2025, Ini yang Mesti Kamu Perhatikan!

Peluang bisnis dan karir digital di tahun 2025 (gambar: freepik)

Peluang bisnis dan karir digital di tahun 2025 (gambar: freepik)

Like

Tahun 2024 sebentar lagi akan berakhir dan kita akan segera menyambut tahun 2025 dengan penuh harapan, terutama dari segi perekonomian.

Dilansir oleh CNBC Indonesia, perekonomian Indonesia telah tumbuh di atas 5% selama bertahun-tahun. Dengan posisi strategis tersebut, Indonesia akan semakin memiliki peran yang besar pada pasar global mendatang.

Untuk itu berbagai peluang bisnis  dan karir digital bisa mulai diperhitungkan mulai saat ini. Buat Be-emers yang ingin mulai berbisnis di tahun 2025, harus bisa jeli melihat peluangnya.


Pertimbangan Peluang Bisnis 2025

Nah, untuk bisa melihat peluang dalam berbisnis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan, antara lain:

Identifikasi Masalah atau Kebutuhan

Lakukan identifikasi mengenai masalah yang bisa kalian selesaikan atau kebutuhan yang belum terpenuhi di pasar, baik melalui observasi, survei, atau pengalaman pribadi.
 

Riset Soal Tren dan Kompetitor

Pelajari tren pasar terkini dan kompetitornya untuk menemukan celah pasar atau inovasi yang bisa kalian tawarkan kepada konsumen.

Baca Juga: Meningkatkan Skill di Platform Digital: Apakah Hasilnya Sesuai Harapan?
 

Manfaatkan Keterampilan dan Sumber Daya yang Dimiliki

Fokus pada bisnis yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan modal yang kalian miliki. Setelah itu lakukan ujicoba terhadap ide tersebut dalam skala kecil dan perhatikan bagaimana usaha tersebut berkembang atau butuh pembaruan atau inovasi.


Setelah melakukan identifikasi, riset, dan memanfaatkan sumber daya yang ada, Be-emers akan bisa mengetahui tren bisnis seperti apa yang cocok untuk dikerjakan.

Digitalisasi dan perkembangan teknologi saat ini menjadi pondasi utama yang penting untuk pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia, khususnya di Indonesia.

Mengutip dari CNBC, Laporan East Ventures Digital Competitiveness Index (EV-DCI) juga menunjukkan daya saing digital Indonesia secara konsisten mengalami peningkatan selama lima tahun terakhir. Skor EV-DCI 2024 meningkat sebesar 35,5?ri 27,9 pada 2020 menjadi 38,1.

Dengan melihat begitu besarnya daya saing digital Indonesia saat ini, maka tren bisnis digital di tahun 2025 pun diprediksi akan lebih banyak memanfaatkan teknologi dan digitalisasi.