Ini Reksa Dana yang Dinilai Cuan di Tengah Bayang Resesi

Money - Canva

Money - Canva

Like

Seperti yang diketahui, pandemi Covid-19 membuat sejumlah negara dikabarkan mengalami resesi. Dari catatan Bisnis, sejauh ini setidaknya sudah ada 9 negara yang sempat mengalami resesi selama pandemi ini.

Negara tersebut antara lain Jepang, Singapura, Hong Kong, Spanyol, Jerman, Perancis, Italia, Amerika Serikat, Filipina, Korea Selatan, dan yang paling anyar yakni Inggris. Adapun, ekonomi Singapura jadi yang paling anjlok, dengan PDB (produk domestik bruto) yang terkoreksi hingga -42,9 persen di kuartal II/2020

Adapun, Indonesia juga enggak lepas dari pertumbuhan ekonomi yang terkoreksi hingga -5,32 persen di kuartal kedua tahun ini. Pandemi yang masih berlangsung ini juga sempat membuat pasar pesimis Indonesia kembali mengalami resesi di kuartal selanjutnya.

Terus, di tengah kekhawatiran akan resesi ekonomi, produk reksa dana apa sih yang bisa kamu pilih?

Menurut riset harian Infovesta Utama, dikutip dari Bisnis, Reksa Dana Pasar Uang masih jadi alternatif investasi paling menarik dan cenderung aman lho, Be-emers. Kok bisa?


Soalnya, imbal hasil Reksa Dana Pasar Uang diyakini bisa menyaingi tingkat bunga deposito. Selain itu, risiko yang minim bisa bikin nyaman kamu dalam berinvestasi.

Sedangkan reksa dana berbasis obligasi, justru dinilai cenderung menguat terbatas. Hal itu disebabkan oleh pihak asing yang selama sepekan lalu cenderung risk off. Hal itu tercermin lewat kepemilikan SBN yang turun hingga Rp2,3 triliun.

Adapun, nilai Rupiah sempat tertekan selama 4 hari berturut-turut, dengan kurs tengah BI 2.02 persen pada pekan kemarin. Dengan begitu, Rupiah telah mengalami pelemahan hingga 1,28 persen ke level Rp14.917.

Pihaknya mengatakan, proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia adi salah satu faktor yang bikin nilai Rupiah sempat tertekan. Hingga hari ini (24/8), Rupiah ditutup menguat 0,69 persen ke level Rp14.670,5 per dolar AS.

Gimana, kamu tertarik kah untuk berinvestasi di Reksa Dana Pasar Uang?