Manfaat Artificial Intelligence (AI) untuk Bisnis Kamu

AI - Canva

AI - Canva

Like

Kamu terbiasa menggunakan Siri atau Google untuk mempermudah aktivitasmu sehari-hari?

Bukan robot, raksasa teknologi itu memanfaatkan kecerdasan buatan atau yang lebih dikenal dengan istilah Artificial Intelligence (AI). Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein, AI merupakan kemampuan sistem untuk menafsirkan data eksternal dengan benar, belajar dari data tersebut, dan menggunakan pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi yang fleksibel.

Meski begitu, dilansir dari Forbes, sistem ini hanyalah perangkat lunak pembelajaran mesin tingkat lanjut dengan algoritma perilaku ekstensif yang menyesuaikan diri kita. Walaupun sangat berguna, mesin ini bukan berarti lebih pintar dalam arti eksistensial, tapi mereka meningkatkan keterampilan dan kegunaannya berdasarkan kumpulan data yang besar.

Namun, dari laporan Narrative Science, AI telah membawa dampak yang sangat signifikan dalam berbagai lini kehidupan nih. Tak terkecuali, dalam hal strategi perusahaan, operasi bisnis, hingga fungsi pekerjaan lho.

Nah, berikut manfaat AI buat Bisnis kamu, yang dilansir dari Bisnis:


 

Memungkinkan Berbicara dengan Perangkat


“Oke, Google. Siapa penemu resep Spaghetti paling enak di dunia?..”

Dengan hanya menyebut kata “Oke, Google..”, kamu sudah bisa berinteraksi dengan mesin pencari Google kan?

Seperti yang diketahui, Google itu memang punya layanan Google Assistant untuk mempermudah aktivitas penggunanya. Selain Google, terdapat layanan sejenis yang dimiliki perusahaan teknologi dunia lainnya seperti Alexa Amazon dan Siri Apple.

Kerennya, layanan teknologi ini bisa lebih memahami maksud pengguna, meski kata-kata yang diucapkan enggak sempurna. Nah, sistem ini dikenal dengan automatic speech recognition (ASR).

Sistem ASR ini bisa mengidentifikasi maskapai atau produk yang relevan dan melanjutkan ke proses pembayaran lho. Makanya enggak heran, dari laporan Ilmu Naratif, 43 persen perusahaan mengirim komunikasi bertenaga AI kepada karyawan dan 35 persen sudah mengirim interaksi yang didukung AI kepada pelanggan.
 

Konsumen Jadi Lebih Bijak Atur Keuangan

Ingat, makin canggih zaman, konsumen juga makin pintar lho. Apalagi, dengan AI, memungkinkan konsumen untuk mengatur dan menganalisis berbagai data secara real-time.

Meski begitu, ada peluang yang bisa kamu manfaatkan nih. Salah satunya adalah pemanfaatan AI untuk membantu konsumen mengatur keuangannya.

Hal ini sudah dilakukan sama sejumlah perusahaan fintech. Misalnya kayak aplikasi perbankan Moven atau Simple, dimana bisa memungkinkan pengguna melacak pengeluaran, menganggarkan dana terbatas, hingga lebih berhemat melalui rekomendasi yang kamu berikan.
 

Bisa Bikin Koneksi Internet Wi-Fi Lebih Diandalkan

Buat berbisnis di era teknologi digital ini, kebutuhan internet tentu jadi hal yang penting dong? Apalagi di masa pandemi, dimana hampir semua kegiatan lebih banyak dilakukan di rumah.

Nah, enggak heran, banyak perusahaan yang memanfaatkan AI untuk meningkatkan pengalaman bekerja di rumah bagi karyawan mereka. Bahkan, AI telah membantu perekrutan yang dilakukan LinkedIn naik hingga 2,3 persen pada April 2020 kemarin.

Selain itu, AI juga dinilai bisa memecahkan masalah konektivitas pengguna lewat data yang lebih cerdas.