Microsoft Sudah Enggak Support, Internet Explorer Tutup Tahun 2021

Browser - Canva

Browser - Canva

Like

Kapan pertama kali kamu menggunakan browser Windows Internet Explorer? Atau apakah sampai saat ini kamu masih menggunakannya?

Kabarnya, Microsoft bakal menghentikan browser legendaris Internet Explorer 11 nih. Program pencarian ini bakal ditutup di seluruh aplikasi dan layanan Microsoft pada tahun 2021 mendatang.

Kok bisa?

Soalnya, dilansir dari laman The Verge, Internet Explorer 11 sudah enggak support sama layanan online Microsoft seperti Office 365, OneDrive, dan Outlook. Bahkan, akhir November tahun ini, browser dengan logo ‘e’ ini juga enggak support lagi dengan layanan Microsoft Teams.

Masih adanya sejumlah pengguna yang setia dengan Internet Explorer 11, alhasil Microsoft perlu waktu buat menghentikan software tersebut. Adapun, sebenarnya rencana untuk mematikan Internet Explorer ini sudah dicanangkan sejak 2015 lho.
 

Persiapan Microsoft

Microsoft saat ini lagi menyiapkan migrasi buat para user Internet Explorer 11 nih. Selain itu, dari laman Bisnis, diketahui kalau Microsoft lagi menyiapkan mode khusus yang mirip dengan Internet Explorer pada perangkat Microsoft Edge.


Enggak cuma itu, lewat Microsoft Edge, para pengguna  juga diizinkan buat mengakses situs lama yang dirancang khusus untuk Internet Explorer. Adapun, Microsoft juga tengah memindahkan pengguna Windows 10 yang masih menggunakan Microsoft Edge ke Edge Chromium.

Soalnya, selain Internet Explorer 11, perusahaan milik Bill Gates itu juga akan menghentikan versi lama dari Microsoft Edge pada Maret 2021 mendatang. Perlu kamu ketahui juga, Edge Chromium merupakan kerjasama antara Microsoft dengan Google lho.

Keunggulan dari Edge Chrome ini adalah Microsoft membenamkan fitur keamanan yang lebih canggih agar privasi pengguna lebih aman berupa anti-tracking. Enggak cuma itu, Edge Chrome juga mendukung gambar resolusi 4K, teknologi audio-visual Dolby, dan memungkinkan pengguna mengakses history, password, dan bookmark dari Google Chrome yang telah disinkronisasi.