Strategi Mencapai Work-Life Balance yang jadi Dambaan

Strategi mencapai work life balance (Foto Freepik.com)

Strategi mencapai work life balance (Foto Freepik.com)

Like
Menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi (work-life balance) sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik.

Jika Anda merasa terlalu sibuk dengan pekerjaan hingga mengabaikan kehidupan pribadi, tentunya bisa jadi masalah. Lantas, bagaimana ya caranya supaya bisa mencapai work-life balance yang baik? 


Strategi Mencapai Work-Life Balance yang jadi Dambaan 

Berikut adalah strategi mencapai work-life balance yang jadi dambaan banyak orang, yuk terapkan!

1. Tentukan Batasan yang Jelas

Kamu bisa menentukan batasan yang jelas dengan menerapkan beberapa cara berikut ini:
  • Jangan bawa pekerjaan ke rumah
  • Tentukan jam kerja yang tetap
  • Hindari mengecek email atau pesan kerja di luar jam kerja
Tips, Jika Anda bekerja dari rumah, buat ruang kerja khusus agar lebih mudah memisahkan waktu kerja dan waktu pribadi.

Baca Juga: Stres Mengejar Work Life Balance, Tips untuk Mencapainya!
 

2. Atur Prioritas dengan Bijak

Gunakan teknik Eisenhower Matrix untuk mengelompokkan tugas, yaitu dengan cara:
  • Penting & Mendesak: Selesaikan segera
  • Penting tapi Tidak Mendesak: Jadwalkan waktu untuk mengerjakannya
  • Tidak Penting tapi Mendesak: Delegasikan jika memungkinkan
  • Tidak Penting & Tidak Mendesak: Hindari atau tunda
Tips: Fokus pada pekerjaan yang memberikan dampak besar dan hindari membuang waktu pada tugas yang kurang produktif.