Harga Emas Naik Saat Ada Ketegangan di Amerika, Apa sih Pemicunya?

gold check - illustration - canva

gold check - illustration - canva

Like

Hingga perdagangan Rabu (3/6), harga emas global terpantau naik nih. Di hari itu, pukul 05:08 WIB, harga emas spot naik 0,04% menjadi US$1.728,37 per troy ounce. Kenaikan harga emas global itu terjadi seiring adanya ketegangan yang terjadi di Amerika.

Sebenarnya apa sih pemicu naiknya harga emas?

Cek juga ya Update Harga Emas di Bisnis Muda
 

Kekhawatiran Picu Peralihan ke Aset Safe Haven

Sejumlah ketegangan tengah terjadi di Amerika Serikat. Seperti adanya kerusuhan akibat kematian seorang Afrika-Amerika dan munculnya kembali tagar #BlackLivesMatter di media sosial.

Belum lagi ketegangan AS-China yang bikin kesepakatan dagangnya diragukan. Rupanya hal itu memicu kekhawatiran banyak pihak.

Hal itu akhirnya mempengaruhi orang-orang buat berbondong-bondong memilih berinvestasi di aset yang lebih aman, yaitu emas. Sebagai aset safe haven, emas dinilai bakal mampu memberikan keuntungan di tengah kondisi global yang enggak pasti.

 

Indeks Dolar AS Menurun

Kalau dilansir dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), salah satu faktor penyebab harga emas naik yaitu nilai tukar dolar AS. Seperti diketahui, menguatnya harga emas global juga terjadi seiring melemahnya indeks dolar AS 0,16%, Rabu (3/6).

Selain harga emas global, harga emas dalam negeri juga bisa terpengaruh. Hal ini terjadi karena harga emas lokal mengacu ke harga emas global yang dikonversi dari dolar AS ke mata uang Rupiah.

Sudah bisa dipastikan, kalau nilai tukar rupiah terhadap dolah AS lemah, harga emas lokal bakal menguat. Begitu juga sebaliknya.