Weebinar: Tren Baru di Masa Pandemi

sumber: freepik.com

sumber: freepik.com

Like

Semenjak dilanda pandemi virus corona, dunia mulai mengalami perubahan yang cukup signifikan. Tren di masyarakat pun ikut berubah menyesuaikan keadaan pembatasan sosial yang membuat banyak orang tidak bisa leluasa melakukan aktivitas tatap muka.

Menghadapi situasi tersebut, webinar menjadi salah satu solusi agar tetap bisa melakukan kegiatan yang melibatkan banyak orang tanpa harus bertemu secara fisik. Dampaknya bisa kita lihat bersama, akhir-akhir ini webinar semakin merebak secara meluas di masyarakat.

Tren webinar yang sedang melanda dapat terlihat dari banyaknya poster webinar yang menyuguhkan berbagai tema yang menarik dan berkualitas. Prospeknya pun semakin beragam, baik untuk ranah umum maupun professional, juga untuk wilayah lokal maupun internasional.

Memandang tren baru webinar ternyata memiliki wajah yang memang dapat menarik banyak orang unttuk turut ikut serta. Berbagai faktor mulai dari kebutuhan hingga kemudahan yang didapatkan membuat webinar menjadi aktivitas yang banyak dipilih masyarkakat di masa pandemi ini.
 

Gratis atau Berbayar?

Webinar ada yang gratis, bahkan ada yang berbayar. Jenis ini mengacu pada standar yang disajikan dari pembuat webinarnya. Semakin formal dan presional webinar yang diadakan, tentu butuh mengeluarkan biaya yang lebih besar juga.

Menariknya, banyak masyarakat yang justru lebih memilih ikut serta dalam webinar berbayar. Dilansir dari Media Indonesia, Imogen Communication Institute (ICI) melakukan survei bahwa memasuki masa new normal webinar yang berbayar bahkan semakin diminati karena kontennya lebih serius.


Dari hasil data survei yang dilakukan ICI menunjukkan bahwa banyak yang rela mengeluarkan uang untuk mengikuti webinar selama sesuai kemampuan ekonomi dan juga kebutuhannya.

Hal tersebut dipilih karena pandangan masyarakat yang menganggap bahwa webinar gratis banyak syarat yang harus dipenuhi agar bisa ikut serta. Konten dan materi berayar juga terasa kebih fokus, berkualitas dan eksklusif dibanding webinar gratis yang terlalu umum.

Baca juga: Moderator Digital: Solusi Berkiprah Pemilik Kecerdasan Linguistik saat Pandemi Covid-19
 

Media Pemasaran

Webinar dapat dijadikan salah satu media pemasaran terbaik dalam mempromosikan suatu lembaga tertentu. Biasanya, webinar gratis banyak dimanfaatkan untuk promosi mengenai kegiatan yang dilakukan Lembaga tersebut, seperti misalnya pelatihan hingga diskusi.

Dengan sistem webinar ini tentu lebih menguntungkan dalam hal promosi. Pesertanya tidak perlun terikat pada ruang, cukup meluangkan waktu saja untuk ikut serta secara virtual. Ilmu dapat disampaikan, penyelenggara pun turut dikenang oleh para peserta.
 

Cara Membunuh Waktu Terbaik

Bagi para pesertanya, webinar menjadi pengisi waktu terbaik di kala mengisi kekosongan waktu selama pandemi. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan update mengenai permasalahan yang diangkat dalam tema webinar.

Jadi, untuk kamu yang belum mencoba mengikuti webinar, yuk mulai coba webinar yang sekiranya cocok dengan kantong dan kebutuhan kamu.

Kamu bisa juga share di kolom komentar beberapa webinar yang kamu rekomendasikan di waktu yang akan datang!