Freelancer Zone: Income Hingga Perbedaan Content writer dan Copywriter 

Perbedaan content writer dan copywriter

Perbedaan content writer dan copywriter

Like

Banyak orang yang mengira jika content writing dan copywriting adalah pekerjaan yang sama. Pasalnya keduanya memiliki keterkaitan dengan dunia tulis menulis. Namun sebenarnya dua istilah tersebut memiliki arti yang berbeda. 

Meskipun sama sama dalam bidang kepenulisan, namun tujuan dari kepenulisan tersebut berbeda. Content writer akan lebih berfokus untuk menuliskan secara singkat pemikiran yang diposting di dalam media sosial. 

Sedangkan jika copywriting akan lebih dituangkan untuk tujuan penulisan halaman situs web, press release. Jika kamu masih bingung perbedaan content writer dan copywriter

Dari sisi income, menurut Kompas.com pekerjaan freelancer yang satu ini bisa membawa untung yang cukup besar untuk kamu, lho! Namun, ini semua bergantung pada kualitas dari penulisan yang kamu miliki.

Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut. 


Mengenal Istilah Content Writing dalam Penulisan 

Content writing pada dasarnya adalah penulisan konten yang bertujuan untuk memasarkan brand. Sebuah konten yang relevan dan berkualitas akan bisa menjangkau target audience dengan tepat. 


Seorang konten kreator diharuskan untuk mampu menggunakan bahasa yang jelas, sederhana, ringkas dan mengandung pesan. Dengan menerapkan hal tersebut maka akan memungkinkan audience untuk belajar dan memahami konten yang sudah dibuat. 

Bekerja sebagai content writing akan diarahkan untuk bisa membangun kepercayaan, loyalitas, minat yang memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan. Beberapa orang akan mendapatkan banyak informasi yang dibutuhkan. 

Beberapa contoh pekerjaan content writer adalah menulis blog atau artikel. Selain itu seorang content writer juga akan mengurus postingan media sosial sehingga memudahkan untuk menyampaikan kepada target pembaca. 

Perbedaan content writer dan copywriter adalah kreativitas yang perlu diasah saat menuliskan informasi. Content writer haruslah kreatif untuk bisa mendapatkan informasi yang menarik sehingga akan mengajak para pembaca. 


Mengenal Copy Writing Untuk Menarik Minat Pembeli 

Jika seorang content writer adalah seorang yang harus aktif untuk mencari informasi menarik yang dibutuhkan para pembaca, copywriting kan lebih mengajak pembaca untuk membeli produk. 

Bisa dibilang, seseorang pekerjaan akan sering dicari oleh para startup atau e-commerce untuk iklan atau promosi. Tugas utama dari seorang copywriter adalah membuat tulisan yang mampu membuat pembaca tertarik dan akhirnya membeli produk yang ditawarkan. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar seorang copywriting bisa berkembang lebih efektif. Seorang copywriting harus memahami jika paragraf pertama harus mencantumkan produk yang akan dijual. 

Sedangkan untuk paragraf selanjutnya akan menjelaskan keuntungan dan juga detail produk. Sementara pada paragraf akhir akan tercantumkan beberapa informasi cara membeli produk tersebut. Perbedaan content writer dan copywriter bisa dilihat dari hasil penulisannya.

Tulisan dari seorang copywriting secara tidak langsung akan memaksa para audien untuk melakukan tindakan yang dinginkan. Nantinya konten dari copywriting akan lebih berfokus pada iklan, sales email, PPC, landing page dan sebagainya.

Beberapa contoh dari copywriting yang sudah banyak beredar adalah iklan baik secara online ataupun offline. Contoh hasil pekerjaan lain adalah Web Page, Konten SEO, Email Campaign dan brosur. Selain itu ada juga slogan dan tagline yang biasanya dikerjakan oleh copywriting

Pengerjaan tersebut berguna untuk menarik minat para pembacanya untuk membeli produk yang ditawarkan. Biasanya perusahaan akan lebih banyak mencari copywriting untuk bisa meningkatkan penjualan. 

Beberapa contoh tersebut adalah salah satu contoh perbedaan content writer dan copywriter yang mudah sekali untuk dibedakan. 

Meskipun sama sama terjun dalam dunia penulisan, namun keduanya memiliki model penulisan yang berbeda.

Seorang content writer diharuskan untuk bisa lebih kreatif untuk bisa memberikan informasi yang menarik bagi pembaca. Sedangkan seorang copy writer akan lebih fokus untuk meningkatkan penjualan melalui tulisan dengan cara mengajak pembacanya.