Mengenal Blue Ocean Strategy Sebagai Siasat untuk Menaklukkan Pesaing

Blue ocean strategy adalah

Blue ocean strategy adalah

Like

Bagi sebuah perusahaan tentu sudah sangat familiar dengan istilah red ocean dan blue ocean strategy. Kedua istilah ini kerap kali digunakan oleh sebuah perusahaan untuk menentukan arah sebuah bisnis. 

Istilah red ocean strategy adalah persaingan antar bisnis yang sangat sengit karena mengeluarkan produk yang sama dengan kompetitor. Sedangkan blue ocean strategy sangat berbanding terbalik dengan red ocean strategy. 

Menurut Kumparan, Blue ocean strategy adalah strategi yang dilakukan untuk menaklukkan pesaing melalui sebuah tawaran fitur atau produk yang sangat inovatif dan belum memiliki pesaing. 

Strategi ini akan berfokus untuk meningkatkan permintaan dan menghindari kompetisi dengan membuat suatu nilai dan keunikan yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan selengkapnya berikut. 


Mengenal Istilah Blue Ocean dalam Bisnis 

Inovasi adalah salah satu faktor yang sangat dibutuhkan untuk melaksanakan strategi blue ocean. Dalam bahasa Indonesia blue ocean adalah salah satu penciptaan samudra biru yang berarti inovasi baru. 

Membuat blue ocean strategy lebih menekankan pada biaya untuk bisa meningkatkan nilai bagi para pembeli. Karena nilai pembeli berasal dari manfaat dan harga yang ditawarkan untuk para konsumen. 


Inovasi paling tinggi dalam strategi bisnis samudra biru adalah mencakup seluruh sistem kegiatan yang dilakukan perusahaan. Inovasi nilai ini akan membentuk perusahaan dan mengarahkan sistem pada tujuan untuk meningkatkan nilai bagi konsumen. 

Blue ocean strategy adalah salah satu siasat untuk menaklukkan pesaing melalui tawaran fitur produk yang inovatif. Fitur produk ini biasanya juga berbeda secara radikal dengan yang banyak beredar di pasaran. 

Sehingga blue ocean akan mendorong para pelaku untuk memasuki sebuah trend yang baru dan berpotensial. Hal ini tentu berbeda dengan red ocean dimana semua kompetitor menawarkan produk yang sama. 

Sehingga akan membuat daya saing semakin meningkat dan pertarungan pasar menjadi sangat sengit. Lantaran persaingan akan diperebutkan oleh para pemain yang menawarkan keseragaman produk dan pendekatan. 


Faktor Penting Untuk Melakukan Strategi Blue Ocean 

Salah satu faktor yang bisa dilakukan untuk meminimalisir persaingan adalah dengan mulai menyelami strategi samudera biru. Strategi blue ocean adalah cara untuk bisa mengalihkan para kompetitor di pasaran. 

Prinsip yang harus dipegang saat melakukan blue ocean strategy adalah meningkatkan keuntungan pelanggan, meminimalisir harga jual, biaya dan mengadaptasikan inovasi baru berupa keadaan internal maupun eksternal. 

Selain itu sebuah strategi ini juga mengharuskan kamu untuk memperhatikan market space yang baru dan membuat tren berbeda di pasaran. Dengan membuat strategi yang baru, maka kamu bisa meningkatkan nilai tambah yang luar biasa pada pelanggan. 

Kamu juga sangat diwajibkan untuk bisa mempelajari situasi terbaru dalam pasar yang sudah dikenal konsumen. Sehingga akan memungkinkan banyak inovasi untuk menciptakan produk baru tersebut. 

Beberapa brand ternama juga sudah menerapkan strategy blue ocean tersebut. Contohnya adalah Yamaha Mio yang paling fenomenal pada awal rilisnya. Keberhasilan Yamaha dengan skutiknya akan membuat orang tertarik untuk membelinya. 

Ada juga merek iPod yang menggunakan strategy blue ocean dalam perkembangannya Produk iPod ini sungguh inovatif dan berbeda dengan produk lainnya. Yang perlu ditekankan lagi, blue ocean strategy adalah cara untuk mengembangkan produk dengan inovatif. 

Membuat produk baru memang membutuhkan banyak inovasi dan pengamatan pasar yang lebih dari lainnya. Sehingga akan memudahkan untuk menemukan peluang dalam melakukan strategi bisnis. 

Sangat jarang sekali ditemui brand yang melakukan gebrakan baru. Kamu bisa mulai mencari ide kreatif untuk membuat dan menemukan lapangan usaha yang baru dan disukai oleh masyarakat.